Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024, Klik di Sini Link Resminya

Berikut adalah syarat dan cara daftar mudik gratis Kemenhub tahun 2024. Jangan sampai salah link.
Sejumlah calon penumpang menunggu bus di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (20/4/2023) saat arus mudik Lebaran 2023 - BISNIS/Muhammad Ridwan.
Sejumlah calon penumpang menunggu bus di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (20/4/2023) saat arus mudik Lebaran 2023 - BISNIS/Muhammad Ridwan.

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut adalah syarat dan cara daftar mudik gratis Kemenhub tahun 2024. Jangan sampai salah link.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi membuka pendaftaran mudik gratis lebaran 2024 hari ini, Rabu 6 Maret 2024.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemenhub akan menyelenggarakan program mudik gratis pada tahun ini dengan berbagai armada tahun ini. Salah satunya adalah program Mudik Aman dengan menggunakan armada bus.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno, mengatakan, pendaftaran mudik gratis dengan moda bus ini dilakukan melalui aplikasi MitraDarat yang dapat diunduh masyarakat di PlayStore atau AppStore.

“Pendaftaran dapat dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi,” kata Hendro dalam keterangan resminya, Rabu (6/3/2024).

Jika Anda tertarik untuk mendaftar program mudik gratis dari Kemenhub ini, maka ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum melalukan pendaftaran.

Berikut adalah syarat daftar program mudik gratis Kemenhub

  • Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar, seperti KTP, KK, dan SIM.
  • Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
  • Peserta yang mengikuti mudik dan balik (pulang pergi), maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.
  • Peserta hanya diberikan waktu selama tujuh hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
  • Setelah lewat dari tujuh hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak diperbolehkan mendaftar ulang.
  • Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik. Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum jam keberangkatan.

Jika Anda sudah merasa memenuhi dan sanggup memenuhi persyaratan di atas, maka berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk daftar program mudik gratis Kemenhub.

Cara daftar program mudik gratis Kemenhub

  • Unduh aplikasi Mitra Darat dari App Store atau Play Store. Download link resminya di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=ngi.muchi.hubdat&hl=id&pli=1
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Mitra Darat dan login akun.
  • Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah itu, klik menu “Mudik Gratis” atau “Mudik Aman”. 
  • Anda hanya perlu memilih titik keberangkatan dan tujuan mudik. 
  • Setelah itu, silahkan pilih armada mudik yang sesuai dan isi identitas data penumpang. 
  • Jika sudah terisi semua, klik opsi "Selesaikan Pesanan".
  • Peserta bakal mendapatkan tiket elektronik pendaftaran. Setelah mendapatkan tiket, peserta wajib melakukan validasi ulang ke petugas di posko yang telah ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper