Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Gratis Kemenhub 2024 Naik Bus, Cek Cara Daftarnya Disini

Program mudik gratis 2024 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sediakan 30.088 kuota. Begini cara daftar program mudik gratis Kemenhub 2024.
Ilustrasi. Kemenhub Buka Program Mudik Gratis Lebaran 2024 Naik Bus, Cek Cara Daftarnya Disini/BISNIS/Muhammad Ridwan.
Ilustrasi. Kemenhub Buka Program Mudik Gratis Lebaran 2024 Naik Bus, Cek Cara Daftarnya Disini/BISNIS/Muhammad Ridwan.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan membuka pendaftaran program mudik gratis Lebaran 2024 mulai Rabu (6/3/2024) besok.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno, menuturkan, pihaknya menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik. Kemenhub juga menyiapkan armada sebanyak 722 unit bus untuk program mudik gratis ini.

“Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024 atau jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore," ungkap Hendro dalam keterangan resminya, Selasa (5/3/2024).

Pada tahun ini, Ditjen Perhubungan Darat juga kembali menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis. Secara terperinci, pihkanya menyediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk.

Hendro memaparkan, penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada hari Jumat 5 April 2024. 

Pemberangkatan penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari 6 Terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok, pada 6 April 2024. 

Sementara itu, keberangkatan dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah akan dilakukan pada 7 April 2024.

Kemudian, untuk arus balik, pengangkutan sepeda motor akan dilakukan pada 14 April 2024 dari 5 terminal tipe A yaitu kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri dan Yogyakarta. Selanjutnya, pemberangkatan arus balik penumpang adalah pada 15 April 2024 dari 8 terminal tipe A kota asal keberangkatan yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang.

Dia mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung dalam rangka Lebaran 2024 untuk ikut program Mudik Gratis baik yang diselenggarakan oleh Kemenhub ataupun Kementerian/Lembaga lain. Imbauan ini terutama bagi yang berencana naik kendaraan roda dua untuk ke kampung halamannya.

“Kami tidak merekomendasikan masyarakat mudik dengan sepeda motor karena lebih berisiko terjadi kecelakaan,” jelasnya

Adapun, bahwa kota tujuan mudik dan Balik tahun ini ada sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Berikut adalah daftar kota tujuan pada program mudik gratis Lebaran 2024 oleh Ditjen Perhubungan Darat:

Jawa Barat

Garut 

Tasikmalaya 

Cirebon. 

Jawa Tengah- DIY 

Solo

Tegal

Pekalongan

Semarang 

Demak

Jepara

Pati

Blora

Boyolali 

Klaten

Wonogiri

Purwokerto

Cilacap

Wonosobo

Kebumen

Magelang

Wonosari

Sragen

Yogyakarta

Jawa Timur 

Madiun

Surabaya

Tuban

Malang

Tulungagung

Kalimantan   

Banjarmasin 

Pangkalan Bun 

Sumatera 

Lampung

Palembang

Bengkulu 

Padang

Sementara itu, untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota sebagai berikut:

Solo

Cirebon

Madiun

Surabaya

Semarang

Purwokerto

Wonogiri 

Yogyakarta 

Pelembang 

Kemudian, untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor ada pada 5 kota sebagai berikut:

Solo, 

Semarang

Purwokerto

Wonogiri

Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper