Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPTJ Luncurkan Bus Listrik JR Connexion Rute PIK 2-Kelapa Gading

BPTJ resmi meluncurkan bus listrik JR Connexion dengan rute PIK 2-Kelapa Gading.
BPTJ resmi meresmikan layanan JR Connexion dengan rute PIK 2 menuju ke Kelapa Gading, Senin (4/3/2024)./ Dok. BPTJ
BPTJ resmi meresmikan layanan JR Connexion dengan rute PIK 2 menuju ke Kelapa Gading, Senin (4/3/2024)./ Dok. BPTJ

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) resmi meresmikan layanan Jabodetabek Residence (JR) Connexion dengan rute By The Sea Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 menuju ke Sedayu City, Kelapa Gading pada Senin (4/3/2024).

Layanan ini juga menjadi JR Connexion pertama yang menggunakan kendaraan bus listrik.

Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono mengatakan, Layanan JR Connexion PIK-Kelapa Gading ini akan beroperasi pada pukul 06.30 WIB dari PIK 1 dan 2 menuju Sedayu City Kelapa Gading. Rute sebaliknya akan mulai dilayani pada pukul 07.00 dengan waktu layanan antar unit (headway) 1 jam.

“Tarif dari layanan JR Connexion ini adalah Rp25.000,” jelas Marta dikutip dari keterangan resminya, Senin (4/3/2024).

Marta mengatakan, pengembangan JR Connexion terus dilakukan oleh BPTJ dalam rangka penanganan kemacetan secara berkelanjutan di wilayah Jabodetabek. DIa menuturkan, data dari BPTJ mencatat jumlah pergerakan orang di Jabodetabek saat ini mencapai 88 juta orang per hari.

Dia menjelaskan, modashare penggunaan angkutan umum sebesar 60% diharapkan dapat menurunkan tingkat kemacetan. Tersedianya rute baru JR Connexion juga diharapkan dapat memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum massal yang bergerak dari kawasan permukiman.

Dia melanjutkan, layanan bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) dengan Rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini merupakan bus JRC pertama yang menggunakan tenaga listrik. PT. Higer Maju Indonesia sebagai operator layanan JR Connexion Rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini akan mengoperasikan lima unit bus terdiri dari tiga unit diesel dan dua unit listrik.

“Ini menjadi satu kemajuan dan nilai tambah bagi layanan yang diberikan kepada masyarakat sekaligus berdampak positif bagi lingkungan karena dengan menggunakan bus listrik ini dapat menekan emisi dan polusi di Jakarta“, imbuhnya.

Adapun, kelebihan dari bus listrik yang digunakan ini adalah kapasitas baterainya yang mencapai 385 kilo watt hours (kWH). Dengan baterai tersebut, bus memiliki daya jelajah hingga 400 kilometer dan lama pengisian ulang baterai 2 jam. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. Agung Sedayu Grup, Restu Mahesa menyampaikan sangat mendukung hadirnya layanan JR Connexion yang melayani rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini.

“Semoga layanan ini dapat menjadi fasilitas tidak hanya bagi masyarakat PIK2 dan Sedayu City melainkan bagi seluruh masyarakat Jabodetabek. Kami juga berharap BPTJ akan terus mengembangkan layanan JRC ini di lokasi-lokasi lain di Jabodetabek,” kata Restu.

Adapun, JR Connexion merupakan program BPTJ yang digagas sejak tahun 2017 untuk memfasilitasi warga di sekitar pemukiman penyangga ibukota menuju pusat kegiatan bisnis (CBD) di Jakarta dan sebaliknya. 

Kelebihan JR Connexion dibandingkan bus reguler adalah jadwal yang pasti. Selain itu, sistem pembayaran JR Connexion juga bisa cashless. Total pemukiman yang telah dilayani JR Connexion hingga 2023 telah melayani 23 permukiman dan 47 asal tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper