Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Mudik Gratis Kemenhub Dibuka 4 Maret, Motor Listrik Bisa Ikut?

Kemenhub kembali menggelar program mudik motor gratis Lebaran 2024 dengan menggunakan kereta api.
Awak media mengikuti pelatihan safety riding menggunakan motor listrik Honda EM1 e di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (28/2/2024)/Bisnis-Himawan L Nugraha
Awak media mengikuti pelatihan safety riding menggunakan motor listrik Honda EM1 e di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (28/2/2024)/Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, motor listrik belum dapat diakomodasi untuk mengikuti program mudik motor gratis Lebaran atau Motis 2024.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Arif Anwar menyebut, pihaknya saat ini belum dapat melayani masyarakat yang menggunakan motor listrik untuk program Motis 2024. Hal ini mengingat belum adanya regulasi yang mengatur angkutan kendaraan listrik secara jelas. 

Selain itu, Arif juga mengakui Ditjen Perkeretaapian belum memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam mengangkut motor listrik. Hal ini mengingat perbedaan komponen yang cukup signifikan antara motor listrik dan motor berbahan bakar bensin. 

"Bisa salah pengangkutan [motor listrik] dan potensi risiko lain karena memang rawan. Oleh karena itu, tahun ini kami belum beri layanan [mudik gratis] untuk motor listrik," kata Arif dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Meski demikian, Arif menyebut, pihaknya akan mempersiapkan regulasi serta tata cara standar dalam pengangkutan kendaraan listrik ke depannya. Hal ini mengingat kendaraan listrik termasuk ke dalam salah satu program prioritas pemerintah. 

Arif menuturkan, pihaknya akan mempelajari dan mengkaji komponen, risiko, serta aspek terkait lainnya dalam motor listrik agar dapat mengakomodir masyarakat untuk mengikuti program Motis ke depannya. 

"Nanti sambil kita siapkan, dilihat risikonya dan sebagainya. Ke depannya pasti akan kita layani," kata Arif. 

Arif menuturkan, pelayanan mudik gratis dengan kereta api (KA) ini akan dibuka mulai 4 Maret 2024 sampai 18 April 2024.

"Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor," kata Arif dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Arif menjelaskan, sebelum mendaftar, masyarakat harus menyiapkan identitas diri yakni KTP, SIM, kartu keluarga (KK), dan STNK. Selain itu, masyarakat juga hanya diperbolehkan membawa motor di bawah kapasitas 200 cc. 

Kemudian, masyarakat dapat mendaftarkan diri di laman mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk. Untuk verifikasi, masyarakat harus membawa dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas dalam bentuk asli dan juga fotokopi. 

"Pendaftaran per jadwal keberangkatan kami batasi maksimal H-1 sebelum jadwal tersebut berangkat karena kami juga harus siapkan untuk pengangkatan motor-motornya," kata Arif. 

Rencananya, angkutan mudik motor gratis ini akan dilaksanakan mulai 2 April hingga 8 April atau selama 8 hari. Sementara itu, angkutan balik motor berlangsung mulai 13 April sampai dengan 19 April 2024.

Adapun, pendaftaran mudik gratis ini dibuka di sejumlah stasiun, yakni, Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper