Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Konstruksi asal Kazakhstan Jajaki Investasi di IKN

Perusahaan asal Kazakhstan menjajaki peluang investasi dalam pembangunan IKN. Proyek apa yang diincar?
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan konstruksi terbesar di Asia Tengah asal Kazakhstan, BI Group tengah menjajaki peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Minat investasi ini ditunjukkan dengan berkunjung langsung ke IKN. Kunjungan dilakukan oleh petinggi BI Group dan delegasi bisnis dari Kazakhstan.

“Ini adalah kunjungan kedua delegasi bisnis dari Kazakhstan. Kali ini kami (KBRI Kazakhstan) membawa perusahaan konstruksi terbesar Asia Tengah yang berasal dari Kazakhstan yaitu BI Group,” kata M. Fadjroel Rachman, Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan pada kunjungannya ke Nusantara seperti dikutip dari laman resmi IKN, Sabtu (24/2/2024).

BI Group merupakan perusahaan konstruksi multinasional swasta asal Kazakhstan yang telah membangun sejumlah proyek-proyek besar di Asia Tengah.

BI Group juga merupakan perusahaan utama yang membangun Ibu Kota Astana, ibu kota baru milik Kazakhstan yang dibangun pada 1997 dan menjadi ibu kota modern di Kazakhstan

“Sejak awal memang tujuan kami [KBRI Kazakhstan] membawa BI Group adalah untuk meningkatkan minat mereka dalam berinvestasi di Nusantara. Dengan pengalaman mereka dalam membangun ibu kota baru serta level perusahaan multinasional, kami harap akan ada perkembangan positif setelah kunjungan ini,” ujar Fadjroel.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menyebut intensitas kunjungan para investor terlebih dari BI Group menunjukkan besarnya minat investor terlebih dari perusahaan swasta luar negeri.

"Kunjungan delegasi investor dari Kazakhstan ini adalah yang kedua kalinya dihadirkan oleh Dubes M. Fadjroel Rachman ke IKN. Dan dalam minggu ini, juga ada dua kali kunjungan potensial investor ke IKN. Semoga ini adalah indikasi makin besarnya minat investor ke IKN setelah berlangsungnya Pemilu yang damai dan membawa kestabilan, sebagai prasyarat investasi," kata Agung.

Direktur Global Business Development BI Group, Metin Palik, mengapresiasi keseriusan dan kesiapan pemerintah Indonesia dalam pembangunan IKN.

“BI Group telah banyak melakukan pekerjaan konstruksi dalam kuantitas besar dan bahkan untuk pembangunan satu kota besar (Astana). Dengan penjelasan serta pemaparan proyek IKN yang kami terima hari ini, semoga akan ada kabar baik ketika kami membawa informasi ini kembali ke Kazakhstan,” ujar Palik.

Sebelumnya, Otorita IKN juga memiliki MoU (Memorandum of Understanding) dengan perusahaan Kazakhstan lainnya yaitu Sergek Projects yang bergerak di bidang teknologi.

Harapannya, apabila terjalin kesepakatan antara Otorita IKN dengan BI Group, nantinya akan ada kunjungan lanjutan yang mendatangkan CEO BI Group. Selain itu, Dubes RI untuk Kazakhstan, Fadjroel menjanjikan kunjungan Presiden Kazakhstan ke IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper