Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Targetkan Jangkau 90 Pulau Terluar lewat Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024

BI menargetkan dapat menjangkau 90 pulau di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) di sebanyak 18 provinsi di Indonesia.
Kapal milik TNI digunakan untuk pelaksanaan program Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). JIBI/Dionisius Damara.
Kapal milik TNI digunakan untuk pelaksanaan program Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). JIBI/Dionisius Damara.

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali menyelenggarakan ‘Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024’.

Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono menyampaikan bahwa BI menargetkan akan menjangkau 90 pulau di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) di sebanyak 18 provinsi di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Doni mengatakan bahwa BI akan memastikan ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan layak edar untuk menjaga kelancaran aktivitas perekonomian dan mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional.

“BI juga akan terus memperkuat koordinasi antar kementerian/lembaga untuk memastikan uang rupiah layak edar senantiasa tersedia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah NKRI,” katanya dalam acara Peluncuran ERB 2024, yang dikutip melalui keterangan resmi, Sabtu (24/2/2024).

Doni menjelaskan, terdapat beberapa aspek penguatan ERB 2024 dibandingkan ekspedisi tahun-tahun sebelumnya, seperti penambahan jumlah pulau yang menjadi target tujuan, peningkatan jumlah uang penukaran, penyediaan layanan kesehatan bersama tim medis TNI AL, penyaluran program dedikasi untuk negeri BI, dan kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

Adapun, BI telah bekerja sama dengan TNI AL mendukung pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah di wilayah 3T NKRI.

Doni merincikan sejak 2012 hingga 2023, telah dilaksanakan 110 kegiatan penukaran kas keliling di 3T dengan jangkauan 565 pulau.

Sementara pada 2023, telah dilaksanakan ERB di 17 provinsi dengan jangkauan 85 pulau 3T dengan nilai penukaran uang rupiah sebesar Rp131,5 miliar.

“Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI, baik dari sisi pertahanan dan militer, maupun kedaulatan ekonomi, dan diharapkan semakin memperkuat NKRI dalam mencapai Indonesia Maju,” kata Doni.

Untuk diketahui, ekspedisi pertama ERB 2024 dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso-990 akan berlangsung mulai 23 hingga 29 Februari 2024 dengan mengunjungi 5 pulau tujuan dengan 2 pulau di Provinsi Kalimantan Utara yaitu, Sebatik dan Bunyu dan 3 pulau di Provinsi Kalimantan Timur yaitu, Derawan, Maratua, dan Talisayan.  

Peluncuran ERB 2024 ditandai dengan pemberangkatan armada KRI dr. Soeharso-990 dari Lantamal XIII, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Peluncuran ERB 2024 juga dihadiri oleh Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Muda TNI Budi Setiawan, dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Suriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper