Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Boikot Israel, McDonald's Curhat Omzet Rontok & Kena Intimidasi

McDonald's Indonesia mengaku omzet menurun dan ada ancaman intimidasi terkait dengan aksi boikot produk Israel.
Ilustrasi paket makanan McDonald's Indonesia. / Dok. McDonalds_ID
Ilustrasi paket makanan McDonald's Indonesia. / Dok. McDonalds_ID

Bisnis.com, JAKARTA - McDonald's Indonesia mengakui aksi boikot produk pro Israel merimbas pada bisnis mereka. Omzet dilaporkan rontok hingga ada ancaman intimidasi.

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Meta Rostiawati, mengakui tekanan dari aksi boikot itu berimbas terhadap kinerja bisnis mereka pada kuartal IV/2023.

"Tentunya ada dampak bagi kami, tentunya itu tidak bisa dihindari," ujar Meta saat ditemui di Gerai McDonald's Thamrin Jaya, Rabu (31/1/2024).

Meta berujar, aksi boikot bukan saja menekan omzet gerai waralaba yang dinaungi PT Rekso Nasional Food itu, tapi juga menimbulkan ancaman.

"Kami meraskan dampaknya yang kami sayangkan bukan hanya dari sisi bisnis saja, dampaknya juga dirasakan itu ada intimidasi, itu yang disayangkan," bebernya.

Namun, meskipun aksi boikot berimbas pada bisnis McDonald's Indonesia, Meta mengatakan, dampaknya belum sampai pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

"Belum [PHK], tapi kami berharap tetap terjaga," katanya.

Sementara itu, Direktur HR & GS, Yulianti Hadena menegaskan bahwa McDonald's Indonesia tidak terafiliasi dengan McDonald's manapun, termasuk McDonald's di Israel. Dia menegaskan, McDonald's Indonesia dimiliki oleh pengusaha asli Indonesia.

Kendati begitu, Yulianti juga mengatakan bahwa korporasi harus melakukan penyesuaian buntut adanya aksi boikot produk yang diduga terafiliasi Israel.

"Terkait isu boikot, kami melakukan penyesuaian sana sini. Intinya kami tetap mempertahankan untuk memberikan pelayanan yang terbaik memuaskan pelanggan setia kami dan juga tentunya keamanan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan," jelasnya.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Jumat (5/1/2024), CEO McDonald's Chris Kempczinski mengatakan bahwa beberapa bisnis perusahaan di Timur Tengah dan beberapa pasar di luar kawasan mengalami dampak yang signifikan akibat kampanye boikot setelah meletusnya konflik Israel-Hamas dan "misinformasi terkait” mengenai merek.

Mengutip Reuters, Jumat (5/1/2024) Kempczinski mengatakan bahwa misinformasi seputar merek seperti McDonald's mengecewakan dan tidak berdasar.

“Di setiap negara tempat kami beroperasi, termasuk negara-negara Muslim, McDonald’s dengan bangga diwakili oleh pemilik operator lokal yang bekerja tanpa kenal lelah untuk melayani dan mendukung komunitas mereka sambil mempekerjakan ribuan warganya,” jelasnya.

Adapun, pada Oktober 2023, McDonald's Israel dalam akun sosial medianya mengatakan bahwa mereka telah memberikan ribuan makanan gratis kepada personel Pasukan Pertahanan Israel.

Hal tersebut kemudian ditolak oleh waralaba McDonald's di beberapa negara Muslim, menyoroti polarisasi politik regional yang dihadapi perusahaan-perusahaan global selama perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper