Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Visi Misi Pangan 3 Capres Jelang Debat Keempat Pilpres 2024

Visi dan misi bidang pangan 3 paslon capres dan cawapres menjadi sorotan menjelang debat keempat Cawapres pada 14 Januari 2024.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.

2. Visi Misi Prabowo-Gibran

Paslon nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming juga turut menjadikan sektor pangan ke dalam agenda utamanya menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam dokumen visi - misinya, Prabowo - Gibran berkomitmen bakal mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah dan nasional.

"Guna mencapai swasembada pangan, dibutuhkan peningkatan produktivitas lahan pertanian melalui berbagai program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan," tulis prabowo - Gibran.

Adapun, kedua program tersebut dilakukan di level desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan nasional secara lebih efektif, terintegrasi, dan berkelanjutan dengan komoditas padi, jagung, kedelai, singkong, tebu, sagu, dan sukun.

Di samping itu, Prabowo - Gibran juga menargetkan setidaknya bakal membuka penambahan 4 juta hektare luas panen tanaman pangan yang bakal tercapai pada 2029.

Tak hanya itu, guna menyukseskan program swasembada pangan, Prabowo - Gibran juga berkomitmen untuk menjamin ketersediaan pupuk, benih, dan pestisida langsung ke petani. Hal itu dilakukan guna meningkatkan produktivitas pangan Indonesia.

3. Visi Misi Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal menjamin kedaulatan pangan dalam visi - misinya. Mereka menjelaskan, bakal memastikan pangan murah melalui stabilisasi harga pangan.

Di samping itu, pasangan nomor urut 3 ini juga berkomitmen untuk mendukung penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang modern, benih yang unggul dan pupuk yang berkualitas.

Seluruh program tersebut juga bakal didukung oleh implementasi agenda pada sistem pengairan berupa penyediaan waduk, bendungan, embung dan irigasi.

"Membangun industri pangan berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah melalui fasilitasi penelitian dan teknologi pangan ramah lingkungan," pungkas Ganjar - Mahfud dikutip dari dokumen visi misinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper