Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reddit Berencana IPO pada Maret 2024, Lepas 10% Saham

Platform media sosial Reddit menyusun rencana untuk melakukan penawaran umum perdana atau IPO pada bulan Maret 2024 mendatang.
Logo aplikasi Reddit di smartphone/Reuters
Logo aplikasi Reddit di smartphone/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Platform media sosial Reddit menyusun rencana untuk melakukan penawaran umum perdana atau IPO pada bulan Maret 2024 mendatang.

Melansir Reuters, Jumat (19/1/2024), Rencana yang merupakan tindak lanjut dari inisiatif yang telah digagas lebih dari tiga tahun lalu ini akan menjadi IPO pertama perusahaan media sosial besar sejak Pinterest yang go pubic pada tahun 2019.

Rencana IPO ini dilakukan di tengah persaingan Reddit dan platform media sosial lainnya menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan iklan dari platform besar seperti TikTok dan Facebook.

IPO ini juga akan menguji kesediaan beberapa pengguna Reddit untuk mendukung debut perusahaan di pasar saham. Banyak investor yang memposting di platform ini telah membantu mendorong belasan reli saham "meme" dalam tiga tahun terakhir, mulai dari peritel GameStop hingga operator film AMC Entertainment Holdings.

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, Reddit menjadwalkan masa penawaran publik pada akhir Februari, meluncurkan roadshow pada awal Maret, dan menyelesaikan IPO pada akhir Maret.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco, yang memiliki valuasi US$10 miliar usai putaran pendanaan pada tahun 2021, berencana menjual sekitar 10% sahamnya dalam IPO tersebut. Perusahaan akan memutuskan berapa target valuasi IPO mendekati waktu pencatatan.

Sumber-sumber tersebut memperingatkan bahwa rencana IPO Reddit dapat ditunda, seperti yang telah terjadi di masa lalu, dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas pembahasan yang bersifat rahasia.

Sementara itu, juru bicara Reddit menolak berkomentar mengenai rencana IPO ini.

Didirikan pada tahun 2005 oleh pengembang web Steve Huffman dan pengusaha Alexis Ohanian, Reddit menjadi terkenal sebagai grup diskusi khusus dan para penggunanya memberikan suara "setuju" atau "tidak setuju" pada konten yang diposting oleh anggota lain.

Huffman mengatakan Reddit masih mencatatkan rugi hingga pertengahan tahun 2022. Perusahaan meraih pendapatan utama melalui iklan dan juga menawarkan akses premium seharga US$5,99 per bulan.

Di masa lalu, perusahaan beralasan kerugian tersebut akibat investasi di platform dan penggunanya yang kurang terlibat dengan iklan di situsnya dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Perusahaan menahan diri untuk tidak melakukan IPO hingga mendekati profitabilitas. Gejolak pasar yang menutup pasar IPO selama dua tahun terakhir juga berkontribusi pada penundaan rencana tersebut.

The Information melaporkan, Reddit diperkirakan akan meraup pendapatan iklan melampaui US$800 juta pada tahun 2023, naik lebih dari 20% dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper