Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking 10 Proyek di IKN Hari Ini, Ada Hotel Hingga Gudang Logistik

Jokowi dijadwalkan menghadiri groundbreaking tahap 4 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Rabu (17/1/2024).
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap 4 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Rabu (17/1/2024).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono menuturkan bahwa setidaknya terdapat 10 proyek yang digarap oleh 8 lembaga, BUMN dan swasta pada groundbreaking tahap 4 besok.

"Persiapan groundbreaking ke-4 yang akan dilaksanakan di 17 Januari 2024, tepat 7 bulan sebelum upacara 17 Agustus 2024 yang saat ini seluruh persiapannya sudah dimulai," kata Agung dalam agenda Media Briefing, Selasa (16/1/2024).

Agung menyebut, proses groundbreaking besok merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus 2024. Namun, Agung tidak menyebut secara pasti berapa total nilai investasi dari proyek yang bakal groundbreaking besok.

Hanya saja, mengacu pada paparan yang disampaikan, terdapat dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan melaksanakan groundbreaking besok, di antaranya yakni PT Pos Indonesia dan Studio Siaran Radio Republik Indonesia (RRI).

Sementara proyek investasi yang akan disuntik oleh perusahaan swasta di antaranya terdapat pembangunan hotel bintang 5 yang akan dibangun oleh Jambuluwuk Hotel dan Resort serta area pergudangan oleh Sun Hub.

Selanjutnya, akan dibangun juga green pesantren yang merupakan pilot project reforestasi yang digarap oleh Benih Baik.com, Jejakin, dan Katadata Green.

Selain itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga diketahui akan memulai pembangunan kantornya di IKN besok.

Terakhir, proyek Nusantara Warehouse Park yang akan dibangun oleh PT Wulandari Bangun Laksana Tbk. (WSBK) menjadi investasi swasta terakhir yang dikonfirmasi siap melaksanakan groundbreaking besok.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melaksanakan groundbreaking sejumlah proyek yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seperti Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park.

Berikut daftar proyek yang akan groundbreaking di IKN pada Rabu (17/1/2024).

1. Kantor Pos Indonesia (Nusantara Logistic Hub)

2. RRI (Studio Siaran Radio)

3. Sun Hub (Area Pergudangan)

4. Jambuluwuk Hotel & Resort

5. Green Pesantren oleh BenihBaik.com

6. PT Wulandari Bangun Laksana (Nusantara Warehouse Park)

7. Kantor Otorita IKN

8. Masjid Negara 

9. Memorial Park

10. Kantor LPS 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper