Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Cek Progres IKN Tiap Bulan Jelang Upacara HUT ke-79 RI

Presiden Jokowi akan rutin dalam melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menghadiri groundbreaking.
Presiden Jokowi di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) - Humas Setkab/Agung.
Presiden Jokowi di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) - Humas Setkab/Agung.

Bisnis.com, JAKARTA – Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan rutin dalam melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menjelaskan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu berkomitmen untuk terus melakukan peninjauan terhadap pembangunan di IKN. Salah satunya, dalam memastikan pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) berjalan sesuai rencana.

“Pemerintah ingin memastikan apa yang terbangun itu, akan jadi komitmen daripada investor dan kemudian juga dari institusi pemerintah untuk segera membangun IKN terwujud dengan groundbreaking,” kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Selasa (16/1/2024).

Lebih lanjut, dia pun mengamini bahwa pada pekan ini Kepala Negara pun telah terjadwal untuk melakukan peletakan batu pertama proyek infrastruktur di IKN. Meski begitu, Ari tak menjawab proyek apa yang dibangun kali ini.

Kendati demikian, Ari melanjutkan bahwa pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur pendukung di IKN seperti bandara, jalan tol Balikpapan-IKN, bendungan, fasilitas kesehatan, hunian, sekolah dan lainnya.

Dia memastikan bahwa upaya itu dilakukan agar IKN sudah siap untuk menjadi tempat tinggal ketika pemerintah mulai memindahkan aparatur sipil negara ke ibu kota baru negara tersebut.

Selain infrastruktur pendukung, Ari menjelaskan, pemerintah juga terus membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Jadi semua dipastikan ketika akan pindah ke IKN, ekosistem yang mendukung untuk pemindahan itu tersedia. Jadi yang penting dari IKN itu adalah bahwa selain ada kantor atau Istana Presiden dan Wakil Presiden juga disiapkan infrastruktur pendukungnya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengaku bahwa Jokowi juga akan turut memantau perkembangan dari persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

“Ya [peninjauan] tentu ini terus dilakukan ya setiap bulan untuk mengecek dan memastikan 17 Agustus 2024 kita melakukan upacara di IKN,” pungkas Ari.

Untuk diketahui, pada Januari 2024 agenda peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek infrastruktur di IKN merupakan tahap keempat. Sebelumnya, Jokowi selalu menghadiri langsung tiga tahap groundbreaking proyek infrastruktur di IKN.

Menurut data Otorita IKN (OIKN), realisasi komitmen investasi di IKN mencapai sekitar Rp41,4 triliun selama tiga rangkaian peletakan batu pertama di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper