Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap! Tarif Tol 13 Ruas Bakal Naik Awal Tahun Ini, Cek Daftarnya

Tarif tol sejumlah ruas akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat. Berikut daftar 13 ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif:
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Tarif tol sejumlah ruas di Indonesia akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat. Setidaknya, terdapat 13 ruas tol yang akan mengalami kenaikan pada awal tahun ini.

Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ali Rachmadi Nasution menuturkan, Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) menjadi salah satu contoh yang bakal naik tarifnya pada kuartal I/2024.

"Untuk tahun 2024, terdapat beberapa ruas yang rencana akan dilakukan penyesuaian tarif di kuartal I/2024," jelasnya kepada Bisnis, Jumat (12/1/2024).

Sebelumnya, dikabarkan bahwa empat ruas Jalan Tol Trans Sumatra akan mengalami kenaikan tarif di tahun ini. Keempatnya, yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Tol Palembang-Indralaya, Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Sigli-Banda Aceh. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa kenaikan tarif tersebut dilakukan sesuai dengan regulasi yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 Pasal 48 ayat (3) tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. 

“Secara kualitas, ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penyesuaian tarif dan diharapkan dapat mendapatkan perizinan mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif sehingga kami berharap dapat terlaksana sesuai target,“ jelas Tjahjo.

Menyusul kabar tersebut, Kementerian PUPR mencatat masih terdapat 13 ruas tol lainnya yang tersebar di wilayah, Jawa, Bali, hingga Banten yang juga akan mengalami kenaikan tarif.

Mengutip informasi yang dibagikan BPJT kepada Bisnis, berikut daftar 13 ruas tol yang akan naik tarif pada periode Januari - Maret 2024:

1. Jalan Tol Surabaya-Gresik

2. Jalan Tol Kertosono-Mojokerto

3. Jalan Tol Bali - Mandara

4. Jalan Tol Serpong-Cinere5. Jalan Tol Ciawi-Sukabumi

6. Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

7. Jalan Tol Makassar Seksi 4

8. Jalan Tol Dalam Kota Jakarta (Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang - Tanjung Priok - Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit)

9. Jalan Tol Gempol - Pandaan

10. Jalan Tol Surabaya - Mojokerto

11. Jalan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali)

12. Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1

13. Jalan Tol Integrasi Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak (Tomang-Tangerang Barat-Cikupa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper