Pertamina Patra Niaga Sediakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan untuk Kapal Pesiar di Bali

Pertamina Patra Niaga mengawali tahun 2024 dengan melakukan pengisian bahan bakar untuk kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali (1/1).
Foto: Pertamina Patra Niaga Sediakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan untuk Kapal Pesiar di Bali
Foto: Pertamina Patra Niaga Sediakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan untuk Kapal Pesiar di Bali

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka mendukung Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yakni Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), Pertamina Patra Niaga mengawali tahun 2024 dengan melakukan pengisian bahan bakar untuk kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali (1/1). 

Kapal Norwegian Jewel yang dikelola oleh Norwegian Cruise Line Holding saat ini sedang melakukan perjalanan selama 14 hari ke 5 negara di Asia Tenggara, salah satu tujuannya adalah Bali Indonesia.

Untuk mendukung perjalanan tersebut, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya mengatakan bahwa saat ini Pertamina Patra Niaga telah melakukan pengisian bahan bakar ramah lingkungan yakni Very Low Sulfur Fuel Oil (VLSFO) sebesar 450 metrik ton (MT) di Pelabuhan Benoa.

“Ini adalah komitmen Pertamina Patra Niaga dalam mendukung Benoa sebagai Homeport wisata berkelas dunia sekaligus membuktikan kesiapan kami dalam melayani pengisian bahan bakar bagi kapal-kapal dengan rute pelayaran internasional,” jelas Maya.

Maya menambahkan, bahwa Seluruh proses pengisian bahan bakar VLSFO yang dilakukan Pertamina Patra Niaga telah sesuai dengan prosedur keselamatan dan operasional yang berstandar global.

VLSFO yang disalurkan Pertamina Patra Niaga sudah sesuai dengan standar ISO 8217:2017 dan regulasi International Maritime Organization terkait pengurangan emisi karbon dari bahan bakar kapal. VLSFO yang disuplai kepada Norwegian Jewel saat ini memiliki kandungan sulfur maksimum 0,5%.

Dalam mendukung pengembangan BMTH lebih lanjut, Pertamina Patra Niaga juga memiliki produk ramah lingkungan lain untuk bahan bakar kapal yakni Very Low Sulfur Marine Gas Oil (VLSMGO) yang telah tersedia di Terminal BBM Sanggaran, Bali. VLSMGO ini merupakan varian lain bahan bakar gasoil yang biasa digunakan di pelayaran internasional, spesifikasinya seperti Pertamina Dex.

“Penyediaan produk VLSFO dan VLSMGO yang ramah lingkungan adalah komitmen kami dalam pengurangan emisi karbon pada sektor industri maritim sekaligus dukungan dalam mewujudkan cita-cita Net Zero Emission Indonesia 2060,” tukas Maya.

Untuk informasi mengenai produk dan layanan bagi konsumen industri, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 dan melalui sosial media @pertamina1solution serta @ptpertaminapatraniaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper