Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nataru, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Mulai Naik

PT Angkasa Pura II (Persero) melaporkan pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelolanya mulai meningkat jelang libur Natal dan Tahun Baru.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pergerakan penumpang mulai terlihat di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 

Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose menjelaskan, pada dua hari pelaksanaan angkutan Nataru 18-19 Desember 2023, pergerakan penumpang mencapai 463.464 orang. Adapun, periode angkutan Nataru di 20 bandara AP II berlangsung pada 18 Desember 2023-4 Januari 2024. 

"Jumlah itu meningkat sekitar 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Wendo dalam keterangan resmi, Kamis (21/12/2023) 

Secara terperinci, pada 18 Desember 2023, jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II secara kumulatif tercatat sebanyak 235.341 orang. Kemudian, pada 19 Desember 2023, tercatat ada pergerakan sebanyak 228.123 orang.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah pergerakan penumpang pada 18-19 Desember mencapai 154.804 orang.

Sementara itu, jumlah penerbangan pada 20 bandara yang dikelola AP II pada 2 hari pelaksanaan angkutan Nataru telah mencapai 2.486 penerbangan. 

Wendo melanjutkan, pihaknya dan maskapai mampu mengakomodasi tingginya permintaaan penerbangan pada periode Nataru tahun ini. Selain itu, penerbangan juga berjalan lancar, yang terbukti dari tingkat ketepatan waktu penerbangan pesawat atau on time performance (OTP) sebesar 80%.

"Kami bisa mengelola dengan baik permintaan tersebut. Jumlah penumpang serta penerbangan cukup tinggi di bandara-bandara AP II, dan AP II bersama seluruh stakeholder dapat memastikan operasional dan layanan berjalan dengan lancar," jelasnya. 

Wendo melanjutkan, guna menjaga pelayanan dan operasional di periode peak season ini, seluruh bandara AP II membuka Posko Terpadu. Posko Terpadu merupakan wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder bandara, antara lain AP II selaku operator bandara, otoritas bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, karantina, bea dan cukai, serta imigrasi. 

Dia menjelaskan, stakeholder di posko akan mengolah data dan laporan secara real time untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat guna memastikan kelancaran pelayanan dan operasional penerbangan dengan menjaga tingkat ketepatan waktu atau on time performance/OTP dan aspek lainnya. 

Lebih lanjut, Wendo mengatakan, personel AP II juga memastikan agar titik-titik yang dilalui penumpang pesawat saat di bandara dapat memberikan pelayanan terbaik. 

“Personel disiapkan untuk memastikan pelayanan dan kelancaran mulai dari titik drop off, check in area, security check point, boarding lounge, hingga fasilitas-fasilitas umum. Kami berupaya agar penumpang mendapat kesan yang baik di bandara saat mereka melakukan perjalanan untuk berlibur,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper