Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tinjau Proyek Hotel Nusantara Milik Aguan Cs di IKN, Begini Progresnya

Jokowi meninjau progres Hotel Nusantara yang diinisiasi oleh Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang dipimpin oleh Sugianto Kusuma atau Aguan di IKN.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi pembangunan Hotel Nusantara di IKN didampingi jajarannya pada Rabu (20/12/2023) - Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi pembangunan Hotel Nusantara di IKN didampingi jajarannya pada Rabu (20/12/2023) - Dok. Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Hotel Nusantara yang diinisiasi oleh Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang dipimpin oleh Sugianto Kusuma atau Aguan.

Mengacu pada informasi yang dibagikan pada laman Instagram resmi @ikn_id, kunjungan Presiden Jokowi ke proyek Hotel Nusantara tersebut didampingi oleh Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

"Jadi memang saya sampaikan yang didahulukan itu investor dalam negeri dulu," jelas Jokowi singkat dalam unggahan otorita IKN, Rabu (20/12/2023).

Dari visual yang ditampilkan, konstruksi hotel milik bos kawasan SCBD tersebut mulai tampak berdiri. Setidaknya, sudah terdapat 5 lantai hotel yang mulai terbangun kerangka konstruksinya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono menyebut, hingga awal Desember 2023 pembangunan Hotel Nusantara milik Aguan Cs progresnya dilaporkan telah mencapai 35%.

"Saya dapat laporan dan saya laporkan juga di hari ini, progres (Hotel Nusantara) pembangunannya yang September baru melaksanakan groundbreaking sekarang sudah 35%," tutur Agung saat ditemui di Jakarta.

Agung menjelaskan, pesatnya progres pembangunan milik swasta tersebut menjadi bukti bahwa mega proyek IKN saat ini nyata keberadaannya serta telah mendapat banyak atensi dari sejumlah pelaku usaha.

Untuk diketahui, Konsorsium Nusantara sendiri terdiri dari 10 perusahaan kelas kakap dalam negeri. Di antaranya, Agung Sedayu Group milik Aguan-Sugianto Kusuma, Salim Grup milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto dan Djarum milik Budi Hartono.  

Selanjutnya, ada Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, hingga Astra Group milik Soeryadjaya. 

Sebelumnya, Konsorsium Nusantara telah melaksanakan groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara yang merupakan hotel bintang 5 perdana di IKN pada 21 September 2023.

Adapun, total nilai investasi yang diguyurkan oleh konsorsium Nusantara khusus pada proyek mixed used development berupa mal, hotel dan perkantoran di IKN dilaporkan mencapai Rp20 triliun.

Selain menggarap Hotel bintang 5 pertama di IKN, konsorsium ini juga dilaporkan berencana menggarap proyek kebun raya (botanical garden). Dengan demikian, total nilai investasi yang diguyurkan oleh Aguan Cs di IKN dilaporkan mencapai Rp40 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper