Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2023: Lika-liku LRT Jabodebek, Dugaan Salah Desain Berujung Roda Aus

Megaproyek transportasi LRT Jabodebek mengalami lika-liku sepanjang 2023, mulai dari peresmian hingga dugaan salah desain hingga roda yang cepat aus.
Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah proyek infrastruktur transportasi besar Indonesia telah rampung dan resmi beroperasi pada tahun 2023. Salah satu dari proyek besar tersebut adalah LRT Jabodebek.

Proyek yang mulai dibangun pada 2015 akhirnya secara resmi mulai beroperasi pada 28 Agustus 2023 setelah sempat mengalami beberapa kali penundaan. Secara keseluruhan, LRT Jabodebek memiliki sepanjang 41,2 kilometer dengan anggaran Rp32,6 triliun.

Saat meresmikan LRT Jabodebek, Presiden Joko Widodo berharap dengan kehadiran moda-moda transportasi massal seperti LRT, masyarakat bisa beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal sehingga bisa mengurangi kemacetan di ibu kota dan sekitarnya.

"Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, kereta bandara agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal" ujar Jokowi kala itu.

Adapun LRT Jabodebek tetap menghadapi sejumlah kendala baik sebelum maupun saat memulai operasionalnya. Salah satu aspek yang sempat menjadi kendala jelang beroperasinya moda transportasi ini adalah sempat terhentinya periode uji coba untuk masyarakat luas.

Berdasarkan catatan Bisnis.com pada 11 Juli 2023, LRT Jabodebek sedianya akan melaksanakan uji coba terbatas untuk masyarakat mulai 12 Juli hingga 15 Agustus 2023. Pada uji coba ini, masyarakat hanya dipungut biaya Rp1.

Namun, belum genap seminggu uji coba tersebut tiba-tiba diberhentikan. Kala itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku operator menyebut uji coba tersebut hanya akan berhenti pada 17-20 Juli 2023 untuk melakukan pembaruan software pada automatic train supervision (ATS).

"Ini [uji coba] dihentikan sementara karena akan update sistem, tidak ada gangguan apa-apa selama uji coba kemarin," ujar Eks Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardoyo kala itu.

Kenyataannya, uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat baru dibuka kembali pada 26-27 Agustus 2023, alias 2 hari jelang peresmian operasional oleh Presiden Jokowi.

Adapun, target peresmian dan operasional LRT Jabodebek pun sempat beberapa kali berubah. Sebelumnya, KAI menyebut LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada 12 Juli 2023 sebelum akhirnya target tersebut tidak tercapai.

Kemudian, pemerintah memilih tanggal 18 Agustus 2023 sebagai target operasional terbarunya. Tanggal tersebut dipilih karena berdekatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-78. Pada tanggal tersebut, LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sedianya akan diresmikan secara bersamaan.

Target tersebut pun akhirnya juga gagal tercapai sebelum akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper