Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terusan Panama Siap Perbanyak Lalu Lintas Kapal Pada 2024

Terusan Panama akan meningkatkan jumlah kapal yang diterima setiap hari mulai Januari 2024.
Terusan Suez/Encyclopedia Britannica
Terusan Suez/Encyclopedia Britannica

Bisnis.com, JAKARTA - Terusan Panama yang telah dilanda kekeringan selama berbulan-bulan akan meningkatkan jumlah kapal yang diterima setiap hari mulai Januari 2024. 

Dilansir BloombergSabtu (16/12/2023) peningkatan tersebut dilakukan lantaran curah hujan yang lebih baik dari perkiraan pada November 2023. Nantinya, terdapat 24 kapal yang akan diizinkan setiap harinya, naik dari saat ini yang sebesar 22. 

El Nino yang kuat telah mengurangi curah hujan di wilayah Panama, sehingga menguras tingkat permukaan air kanal. 

Situasi tersebut kemudian memaksa pengirim barang untuk memutuskan apakah akan menunggu dalam antrian selama beberapa hari atau minggu, membayar jutaan dolar untuk langsung mengantri, atau mengarungi seluruh benua melewati ujung selatan Afrika dan Amerika Selatan. 

Cuaca curah hujan sendiri di wilayah kanal turun ke rekor terendah pada Oktober 2023, sehingga mendorong pihak berwenang untuk membatasi lalu lintas di sistem tersebut untuk pertama kalinya. 

Ketinggian air di Danau Gatun, yang membentuk bentangan utama kanal dan menyediakan air bersih untuk saluran air, masih berada di bawah tingkat yang diperkirakan.

Mengutip Reuters, permohonan untuk slot baru nantinya akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang dan mulai transit pada 16 Januari 2023. 

Namun, menimbang krisis air yang terus berlanjut, pihak berwenang mengatakan bahwa tanggal transit yang dimulai pada 16 Januari tersebut hanya akan mengizinkan satu slot pemesanan per pelanggan per tanggal,  tanpa memandang kapan slot tersebut dipesan dengan beberapa pengecualian yang terkait dengan slot lelang dan kompetisi.

Kemudian, slot tambahan akan mencakup kategori kapal reguler, supers dan neopanamax. Dilansir Hellenic Shipping News, sebelumnya, karena sedikitnya hujan, Otoritas Terusan Panama mengurangi banyak kapal yang diizinkan melintasi daerah tersebut. 

Jumlah kapal yang diizinkan saat ini adalah 22 kapal per hari, dari sebelumnya yang sekitar sebanyak 34-36 kapal perharinya. 

Otoritas juga telah memberitahu bahwa kapal yang tidak melakukan pemesanan (booking), dapat menghadapi penundaan dengan jangka waktu yang tidak terbatas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper