Kerjasama Pertamina Patra Niaga dan PetroChina, Pasok Smooth Fluid

Pertamina Patra Niaga menandatangani kerjasama Penggunaan Produk Smooth Fluid (SF) dengan PetroChina International Jabung Ltd.
Foto: Kerjasama Pertamina Patra Niaga dan PetroChina, Pasok Smooth Fluid
Foto: Kerjasama Pertamina Patra Niaga dan PetroChina, Pasok Smooth Fluid

Bisnis.com, JAKARTAPT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama Penggunaan Produk Smooth Fluid (SF) dengan PetroChina International Jabung Ltd, yang merupakan perusahaan milik negara atau China National Petroleum Corporation (CNPC) yang bergerak di bidang minyak dan gas (migas), dan saat ini mengelola Wilayah Kerja (WK) Blok Jabung di Provinsi Jambi.

Smooth Fluid adalah salah satu produk Petrokimia yang diproduksi oleh kilang-kilang Pertamina yakni Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai, dan Refinery Unit IV Cilacap, dan Refinery Unit V Balikpapan. Cairan fluida yang berbasis hydrocarbon ini digunakan dalam kegiatan pengeboran di hulu migas, dimana memiliki kandungan aromatik dan sulfur yang rendah sehingga lebih ramah lingkungan, terbukti aman, serta dapat meningkatkan efektivitas waktu dalam kegiatan pengeboran.

“Pertamina Patra Niaga memasarkan produk Smooth Fluid untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun ekspor. Produk SF ini digunakan sebagai bahan dasar campuran dalam oil base mud atau lumpur pengeboran berbasis minyak, untuk kegiatan pengeboran onshore maupun offshore, di wilayah kerja KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama –red),” jelas Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya.

Penyaluran produk SF-05 untuk PetroChina akan dilakukan di bulan Desember 2023 dengan total 1.600 bbl (barrel). Melalui kerjasama ini, Maya menambahkan, Pertamina Patra Niaga turut berupaya mendorong terciptanya peningkatan ekonomi nasional melalui pengembangan produk dalam negeri untuk kegiatan operasional hulu migas di Indonesia.

“Kerjasama ini merupakan salah satu upaya dan kontribusi Pertamina Patra Niaga untuk mendukung sektor pengeboran yang lebih efektif dan lebih baik, melalui penyediaan produk Smooth Fluid yang dihasilkan dari kilang Pertamina dan hasil karya anak bangsa. Harapannya, pengeboran yang lebih baik dapat mendorong produksi migas yang lebih banyak,” tambah Maya.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada Jum’at (24/11) di gelaran Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III 2023 di Jakarta, oleh Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya dan Vice President SCM PetroChina International Jabung Ltd, Gusminar. Serta disaksikan oleh Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko, dan Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai SKK Migas Eka Bayu Setha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper