Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Bela Palestina, Indonesia Kirim Bantuan Tahap II Senilai Rp31,9 Miliar

Pemerintah melalui Indonesian AID di bawah Kementerian Keuangan tengah menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina.
Peserta demonstrasi Aksi Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023)./Bisnis - Dany Saputra
Peserta demonstrasi Aksi Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023)./Bisnis - Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian AID di bawah Kementerian Keuangan tengah menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina senilai Rp31,9 miliar.

Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing menyampaikan bantuan tahap II tersebut rencananya akan dikirim pekan depan.

"Untuk bantuan kemanusiaan tahap kedua sudah kita alokasikan Rp31,9 miliar atau setara dengan US$2 Juta. Nantinya kita kirim dalam bentuk kebutuhan medis berupa obat-obatan dan alat-alat kesehatan yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh warga Palestina, terutama di Jalur Gaza,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (5/11/2023). 

Mengutip data yang dirilis Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB, selain lebih dari 9.000 korban tewas, tercatat 22.911 warga di Gaza dan 2.281 warga di Tepi Barat mengalami luka-luka sehingga membutuhkan pertolongan medis dengan segera. 

Tormarbulang menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan tahap kedua ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia membantu Palestina. Pada tahap pertama, Indonesia telah mengirimkan 51,5 ton bantuan yang berasal dari pemerintah, pelaku dunia usaha, lembaga swadaya, dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Dia menyampaikan bahwa dukungan Indonesia tersebut merupakan representasi seluruh elemen bangsa. 

Pemerintah Indonesia sendiri diketahui telah banyak berperan aktif dalam kerja sama pembangunan internasional, termasuk menaruh perhatian besar pada isu-isu kemanusiaan dan perdamaian. 

APBN yang bukan hanya membangun negeri, menjadi menjadi salah satu instrumen penting dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melepas tiga pesawat yang mengirimkan bantuan tahap pertama ke Palestina di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jumat (4/11/2023).

Kepala Negara  memerinci bahwa bantuan sebesar 51,5 ton tahap pertama tersebut memuat bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan di Gaza.

“Alat alat medis yang diperlukan yang sangat penting yang dibutuhkan RS di Gaza juga disiapkan selain bahan bahan makanan yang memang juga diperlukan, termasuk di dalamnya obat-obatan,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper