Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dihadiri Jokowi, Ini 3 Proyek yang Groundbreaking di IKN Hari Ini

Presiden Jokowi menghadiri prosesi groundbreaking 3 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Kamis (2/11/2023).
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menghadiri prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) 3 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Kamis (2/11/2023).

Mengutip keterangan BPMI Sekretariat Presiden, sejumlah proyek yang bakal dimulai pembangunannya pada hari ini di antaranya kompleks kantor Bank Indonesia hingga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) oleh PLN. 

"Presiden akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kompleks kantor Bank Indonesia hingga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN. Selain itu, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum yang akan digelar di Kawasan IKN," tulis BPMI Setpres dikutip Kamis (2/11/2023).

Sementara itu, berdasarkan dokumen informasi yang diterima Bisnis, satu proyek lainnya yang akan menggelar groundbreaking pada hari ini yakni Kantor Pusat BP Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan).

Peletakan ketiga proyek tersebut akan menjadi penutup rangkaian agenda groundbreaking IKN tahap 2 kali ini, yang berlangsung pada 1 - 2 November 2023.

Adapun sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa total nilai investasi dari groundbreaking 9 proyek investasi di IKN periode November 2023 mencapai Rp12 triliun.

“Ini memang makin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor dalam negeri. Yang lalu groundbreaking [pada September] senilai Rp23 triliun, kemudian [November] ini kira-kira Rp12 triliun," jelas Jokowi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada Rabu (2/11/2023) Presiden Jokowi telah melangsungkan 5 proyek groundbreaking dan 1 revitalisasi proyek SD Negeri 20 Sepaku.

Lebih rinci, salah satu proyek baru saja melangsungkan groundbreaking Bandara VVIP yakni Bandara Nusantara di IKN.

Kemudian, Presiden juga baru saja melangsungkan groundbreaking rumah sakit milik konglomerat Dato' Sri Tahir yakni Mayapada Hospital Nusantara dengan nilai investasi mencapai Rp500 miliar.

Masih dari sektor kesehatan, PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) juga baru saja memulai proyek pembangunan rumah sakit ramah lingkungan di IKN dengan nilai investasi mencapai Rp650 miliar.

Dalam laporannya, Mayapada Hospital dan Hermina Nusantara dibangun dengan mengusung konsep green hospital dan ditargetkan mulai beroperasi pada semester II/2024.

Kemudian Presiden Jokowi juga turut menghadiri seremoni groundbreaking PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) melalui anak usahanya PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA) yang memulai pembangunan proyek superblok di IKN dengan investasi sebesar Rp5 triliun.  

Dari sektor pendidikan, proses peletakan batu pertama pembangunan proyek Nusantara Intercultural School (NIS) juga telah dimulai pada Rabu (1/11/2023).

Sebagai informasi, NIS menjadi sekolah bertaraf internasional perdana yang dibangun Jakarta International School (JIS) di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper