Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Ada 9 Proyek Siap Groundbreaking di IKN Desember 2023

Jokowi menyebut ada sekitar 9 proyek di IKN yang akan melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada Desember 2023.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut masih ada sekitar 9 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada Desember 2023.

Informasi tersebut disampaikan Jokowi usai melangsungkan 3 groundbreaking proyek di IKN pada hari ini, Rabu (1/11/2023) yaitu Bandara Nusantara, Mayapada Hospital, dan proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara.

"Tadi juga bapak Kepala Otorita sudah sampaikan bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena ada groundbreaking sekitar 8-9 (proyek) lagi yang baru," kata Jokowi dikutip dari siaran langsung akun YouTube Skretariat Presiden, Rabu (1/11/2023).

Kendati demikian, dia tidak mengungkapkan proyek apa saja yang akan groundbreaking di IKN pada akhir 2023 nanti.

Jokowi menyebut, pembangunan IKN memang telah kebanjiran sejumlah minat investasi baik dari investor dalam maupun luar negeri. Namun, dia memastikan bahwa pada tahap pertama pemerintah akan memprioritaskan rencana investasi oleh penanam modal dalam negeri (PMDN) terlebih dahulu.

Pada kesempatan tersebut Jokowi merinci, minat investasi asing paling banyak datang dari negara tetangga, yakni Singapura mencapai 130 investor, Korea sebanyak 30 investor, dan Jepang 30 investor.

"Dari Malaysia dan Uni Emirates Arab juga ada, tapi kami memang rem dulu untuk yang dari luar, berikan kesempatan kalau bisa juga di-joinkan dengan yang dari dalam. Sehingga zona-zona yang sudah kita rencanakan semua bisa terisi," tuturnya.

Adapun, pada hari ini, Presiden Jokowi diketahui baru saja melangsungkan groundbreaking Bandara VVIP yakni Bandara Nusantara di IKN.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyebut bahwa kehadiran bandara ini sangat penting bagi pembangunan Ibu Kota di Penajam Paser Utara tersebut, mengingat saat ini makin padatnya kegiatan dan banyaknya mobilitas orang serta barang dari dan menuju ke IKN. 

Jokowi pun memerinci bahwa Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektare dengan landasan pacu (runway) dengan panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat melayani pesawat berbadan lebar. 

Tak hanya itu, bandar udara itu juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga harapannya penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik. 

Presiden juga telah melangsungkan groundbreaking rumah sakit milik konglomerat Dato Sri Tahir yakni Mayapada Hospital Nusantara dengan nilai investasi mencapai Rp500 miliar.

Dalam laporannya, Mayapada Hospital akan dibangun dengan mengusung konsep green hospital yang akan mendorong percepatan pembangunan IKN dan ditargetkan mulai beroperasi pada semester II/2024.

Terbaru, Jokowi juga baru saja menghadiri seremoni groundbreaking PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) melalui anak usahanya PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA) yang memulai pembangunan proyek superblok di IKN dengan investasi mencapai Rp5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper