Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Jalan Tol IKN, WIKA Rampungkan 37 Persen Konstruksi Kariangau - SP. Tempadung

WIKA tengah dalam tahap pekerjaan struktur beton pada bagian top subgrade atau lapisan jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) segmen 3B
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mencatat progres pengerjaan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) segmen 3B mencakup ruas KKT Kariangau - SP. Tempadung sebesar 37 Persen.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa proyek tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Balikpapan-IKN yang dikerjakan sebagai upaya dalam meningkatkan konektivitas, sekaligus menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Dimulai sejak tahun 2022, dengan melibatkan 456 pekerja, WIKA KSO (bersama PP-Jakon) telah mampu menunjukkan progres yang signifikan sebesar 37 persen secara keseluruhan," jelasnya dalam keterangan tertulisnya, dikutip kamis (12/10/2023).

Terkait progres terbarunya, WIKA tengah dalam tahap pekerjaan struktur beton pada bagian top subgrade atau lapisan jalan, serta pekerjaan Jembatan Pulau Balang, yang ditargetkan dapat mencapai 75 persen pada akhir tahun 2023 mendatang.

Lebih rinci, manajemen WIKA menjelaskan bahwa  pembangunan Jalan Tol IKN segmen 3B menggunakan sistem building information modelling (BIM) pada level 5D.

BIM 5D sendiri merupakan level perencanaan konstruksi dan manajemen proyek yang memungkinkan kolaborasi data geometris, hasil pengolahan cost, quantity, dan schedule proyek. Tidak hanya itu, WIKA turut mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menghasilkan visualisasi yang lebih baik sekaligus meminimalisir risiko kesalahan pekerjaan.

"Terobosan ini akan membuat proses pembangunan menjadi lebih komprehensif, analisis lebih mendalam dan manajemen proyek yang lebih efisien,” pungkas Agung.

Untuk diketahui sebelumnya, Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau - SP. Tempadung dibangun oleh kerja sama operasional (KSO) antara WIKA, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) dan PT Jaya Kontruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON).

Adapun, jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau - Sp. Tempadung memiliki total panjang 7,32 kilometer (KM) dengan nilai kontrak sebesat Rp1,91 triliun. Jalan tol ini nantinya akan tersambung dengan segmen 3A Karang Joang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km.

Mengutip laman Sekretariat Presiden, pada awal tahun 2023 lalu jalan tol ini sempat ditinjau pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden meyakini proyek jalan tol IKN tersebut akan rampung pada akhir tahun 2024 mendatang.

"Ini akan diselesaikan insyaallah di 2024 akhir, selesai,” pungkas Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper