Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP Mandalika: Lima Maskapai Minta 66 Penerbangan Tambahan

Ada 66 permohonan penerbangan tambahan atau yang diajukan oleh 4 maskapai nasional dan 1 dari Malaysia.
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (AP1) telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau yang diajukan oleh sebanyak 4 maskapai nasional dan 1 maskapai internasional ke Bandara Internasional Lombok jelang perhelatan Moto GP di Mandalika.

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi  menjelaskan mulai Selasa (10/10/2023), Bandara Lombok dijadwalkan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan. 

"Hingga saat ini, kami mencatat telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau yang diajukan oleh 4 maskapai nasional yakni Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, serta 1 maskapai internasional yaitu Malaysia Airlines,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (9/10/2023).

Perseroan tengah memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, yakni dengan melakukan penyesuaian waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada periode 13 hingga 16 Oktober mendatang. 

Sedangkan dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP1 bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.

“Kami juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal, serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap," imbuhnya.

Sejumlah langkah strategis yang mencakup dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur Bandara Lombok, serta layanan dari dua anak usaha, yakni APL dari sisi penanganan logistik dan APH dari sisi hospitality.

Dalam satu kesatuan, AP1 Group bersinergi dan mengintegrasikan layanan untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta kejuaraan, tim balap, hingga para penumpang secara umum yang hendak menjadi saksi para pembalap kelas dunia berlaga di Sirkuit Mandalika.

Faik Fahmi melanjutkan, AP1 sebelumnya telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan Bandara Lombok, meliputi pengembangan runway, terminal penumpang, serta terminal kargo untuk dapat secara optimal melayani operasional pesawat kargo, penanganan logistik tim, serta pelayanan penumpang.

Sementara untuk penyediaan layanan logistik, anak usaha AP1 yakni APL telah menangani 377 ton logistik berupa kendaraan peserta kejuaraan dan spareparts pendukung. APL memegang peranan penting mulai dari tahap unloading logistik dari pesawat kargo, pengangkutan logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika, hingga proses pembongkaran kargo ketika tiba di sirkuit. 

APL juga melayani penanganan kargo milik Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, hingga pengangkutan menuju Sirkuit Mandalika. APL juga akan berperan dalam pengangkutan logistik dari sirkuit kembali ke bandara untuk proses keberangkatan menuju Australia yang merupakan seri selanjutnya setelah Grand Prix of Indonesia.

Sementara untuk penyediaan layanan hospitality, anak usaha AP1 yaitu APH menyediakan layanan fast track penumpang melalui Premium Airport Special Service (PASS), serta layanan Concordia Airport Lounge yaitu layanan VIP yang diperuntukkan bagi penumpang dan peserta kejuaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper