Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Divestasi, Ini Daftar Tol Trans Jawa yang Dikelola Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dikabarkan bakal menjual 35 persen sahamnya atas Jasa Marga Trans Jawa Tol dengan senilai Rp11,75 triliun.
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, (JSMR) dikabarkan bakal menjual 35 persen sahamnya atas Jasa Marga Trans Jawa Tol dengan senilai Rp11,75 triliun.

Kabar tersebut pertama dibagikan oleh Bloomberg pada Senin (9/10/2023), yang melaporkan bahwa Konsorsium yang dipimpin GIC Pte. dan kelompok lain yang diketuai Indonesia Investment Authority (INA) menjadi dua investor kuat yang bakal turut serta dalam aksi korporasi JSMR tersebut.

Menanggapi hal itu, Plh. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan kegiatan equity financing PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) masih dalam tahap pematangan.

Dia juga menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan pernyataan resmi atas rencana divestasi saham tersebut.

"Dapat kami sampaikan bahwa informasi [mengenai rencana pelaksanaan divestasi] yang diberitakan bukanlah pernyataan dan informasi resmi dari manajemen Jasa Marga," jelasnya, Selasa (10/10/2023).

Sebagai bagian dari implementasi Good Corporate Governance, Heru menambahkan, pihaknya belum dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang shortlisted bidder hingga estimasi valuasi transaksi.

Alasannya, klausul non-disclosure agreement (NDA) bentuknya merupakan kerahasiaan yang mengikat antara Jasa Marga dengan investor terkait.

Heru memastikan, Equity Financing PT JTT merupakan salah satu strategi pendanaan berbasis ekuitas yang ke depannya dapat digunakan sebagai alternatif pendanaan infrastruktur jangka panjang.

Sebagai informasi, PT Jasa Marga Trans Jawa Tol adalah salah satu anak perusahaan Jasa Marga yang berkantor pusat di Bekasi. Perusahaan ini meliputi jaringan jalan tol yang berada di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Adapun, hingga saat ini PT Jasa Marga Trans Jawa Tol mengelola sebanyak 13 ruas jalan tol trans Jawa dengan total panjang tol yang dikelola mencapai 673,21 kilometer (km).

Secara lebih terperinci, berikut daftar 13 jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga Trans Jawa Tol.

  1. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (83 km)
  2. Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci (28,74 km)
  3. Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C (24,75 km)
  4. Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol (49 km)
  5. Ruas Jalan Tol Mohamed Bin Zayed (38 km)
  6. Ruas Jalan Tol Batang-Semarang (74,9 km)
  7. Ruas Jalan Tol Semarang-Solo (72,6 km)
  8. Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi (91,09 km)
  9. Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono (88,57 km)
  10. Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (36,72 km)
  11. Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan (13,6 km)
  12. Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang (38,49 km)
  13. Ruas Jalan Tol Gempol-Pasuruan (34,2 km)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper