Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TikTok Shop Ditutup, Begini Dampak Buat Gen Z dan Milenial

Apindo bicara soal dampak ke Gen Z dan Milenial kendati mendukung upaya TikTok Shop ditutup oleh pemerintah.
Kaum milenial/Istimewa
Kaum milenial/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung upaya pemerintah yang menutup TikTok Shop sebagai platform social commerce demi menjaga pasar domestik dari derasnya perdagangan barang impor. Namun, aturan tersebut menimbulkan dampak bagi Gen Z dan Milenial

Sebagaimana diketahui, pemerintah resmi memberlakukan aturan pemisahan platform media sosial dengan e-commerce melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31/2023 sebagai revisi dari Permendag No. 50/2020.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengatakan aturan tersebut tidak sejalan dengan tren segmentasi pasar social commerce yang didominasi oleh generasi milenial dan gen Z, sehingga dari segi demand pasar pun dapat tergerus.

"Saya rasa efektivitasnya akan rendah dan tidak sesuai harapan karena social commerce adalah bentuk demand pasar yang saat ini didominasi oleh digital natives [Gen Z dan Milenal]," kata Shinta, dikutip Kamis (5/10/2023).

Menurut Shinta, daya beli dan pertumbuhan permintaan terhadap suatu produk di kalangan tersebut justru berkembang dari pengaruh media sosial, sehingga bagi konsumen social commerce merupakan jawaban dari kebutuhan.

Di samping itu, Shinta menyebutkan bahwa hanya Indonesia yang melarang social commerce, sementara hampir seluruh pemain media sosial global melakukan ekspansi melalui platform tersebut.

"Kami khawatir kita justru akan kehilangan momentum pertumbuhan ekonomi yang bisa diciptakan oleh social commerce tersebut," ujarnya.

Dalam hal ini, dia berpendapat bahwa pemerintah semestinya juga memperhitungkan efek dari kebijakan secara holistik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, alih-alih hanya untuk memenuhi tututan populis.

Sebab, platform social commerce memiliki isu yang kompleks dan terdapat upside-downside potensial yang relatif seimbang terhadap pertumbuhan ekonomi RI, sehingga perlu ditanggapi secara cerdas.

Di sisi lain, Shinta menyoroti lemahnya kebijakan akan pelaksanaan pembatasan impor ilegal, belum memiliki kapabilitas yang memadai untuk menindak impor-impor yang berujung predatory pricing hingga tidak adanya dorongan kepada pelaku usaha skala UMKM untuk mengikuti tren pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper