Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Setop Jual BP 90 Setara Pertalite, Revvo 90 Milik Vivo Kapan?

BP-AKR diketahui tidak lagi menjual bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau BP 90 yang setara Pertalite.
SPBU BP-AKR. Istimewa/Humas BP
SPBU BP-AKR. Istimewa/Humas BP

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan energi asal Inggris yakni BP-AKR diketahui tidak lagi menjual bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau BP 90 yang setara Pertalite milik Pertamina sejak 1 Agustus 2023.

Namun, salah satu perusahaan BBM swasta yakni PT Vivo Energy Indonesia masih menjual BBM dengan RON 90 dengan nama Revvo 90.

Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan bahwa belum ada tindak lanjut terkait penjualan BBM RON 90 yang dilakukan oleh Vivo.

“Belum ada tindakan dari kita, kita mau lihat kebutuhnanya dulu, jadi dampaknya lah, kalau masih diperlukan dan jumlahnya singifikan atau enggak,” kata Tutuka saat ditemui di Jakarta dikutip, Rabu (4/10/2023).

Vivo sendiri membandrol harga untuk satu liter BBM RON 90 dengan harga Rp12.500 per 1 Oktober 2023. Harga tersebut lebih mahal dibandingkan dengan harga yang dibandrol oleh Pertamina untuk Pertalite yang berada di harga Rp10.000.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji sejumlah paket kebijakan untuk mendorong peralihan konsumsi BBM oktan lebih tinggi atau ramah lingkungan di tengah masyarakat.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, kajian itu dilakukan untuk mengurangi intensitas emisi yang dihasilkan dari sektor transportasi sebagai salah satu penyumbang polusi udara yang signifikan di sejumlah kota besar saat ini.  

Selain itu, Arifin menambahkan, kementeriannya turut menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kualitas produksi BBM domestik yang berasal dari kilang-kilang PT Pertamina (Persero) saat ini.

Harapannya, sejumlah penyulingan minyak mentah milik perusahaan pelat merah itu nantinya dapat menghasilkan BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Kami sedang melakukan pendalaman untuk segera supaya memang diambil langkah menyediakan BBM yang ramah lingkungan itu juga mengacu pada pengalaman di tempat lain,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/8/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper