Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Bakal Modifikasi 200 Kereta Ekonomi hingga 2026

Usai meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation, KAI akan merevitalisasi sebanyak 200 unit kereta kelas ekonomi dalam 3 tahun mendatang
Kursi terbaru pada Kereta Ekonomi New Generation yang dirangkaikan pada KA Jayabaya Relasi Pasar Senen-Malang yang resmi diluncurkan, Selasa (26/9/2023). / Dok. KAI
Kursi terbaru pada Kereta Ekonomi New Generation yang dirangkaikan pada KA Jayabaya Relasi Pasar Senen-Malang yang resmi diluncurkan, Selasa (26/9/2023). / Dok. KAI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI baru saja meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation pada Selasa (26/9/2023). Perseroan pun menargetkan dapat merevitalisasi sekitar 200 kereta kelas ekonomi hingga 2026.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai. Hingga saat ini, kata Hadis, ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai menjadi kereta ekonomi generasi baru sejak April 2023.

Dia menuturkan, ke depannya perseroan akan terus memperbanyak perbaikan kereta sehingga makin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya.

"Perbaikannya akan bertahap dan terus kami lakukan. Sampai 2026 mendatang mungkin sampai 200 kereta yang harus diperbaiki dan diganti," ujar Hadis dalam acara Peluncuran KA Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Seiring dengan upaya revitalisasi tersebut, perseroan juga melakukan pembelian kereta atau gerbong baru dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka sebanyak 612 unit kereta, baik ekonomi maupun eksekutif. Pengadaan kereta baru ini akan dilakukan secara bertahap hingga 2026 atau 2027.

Dia menambahkan, sejumlah kereta pesanan KAI akan rampung pada tahun ini. Meski demikian, Hadis tidak memerinci berapa banyak jumlah kereta yang akan selesai pada 2023.

"Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” kata Hadis.

Adapun, pada tahap awal, Kereta Ekonomi New Generation ini dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Malang pp. Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 Kereta Ekonomi New Generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Sementara itu, jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Malang yaitu berangkat dari Pasarsenen pukul 17.25 dan tiba di Malang pukul 06.20. Untuk relasi Malang - Pasarsenen, berangkat dari Malang pukul 12.30 dan tiba di Pasarsenen pukul 01.38.

Hadis menjelaskan, jumlah tempat duduk Kereta Ekonomi New Generation menjadi 72 kursi sehingga ruang untuk kaki atau leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursi pada KA Ekonomi New Generation juga sudah menggunakan tipe captain seat.

"Jenis kursi ini membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya [reclining] serta dapat disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan [revolving]," kata Hadis.

Hadis melanjutkan, upgrade fasilitas juga dilakukan pada interior kereta dengan menambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodifikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Selain itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Dia mengatakan, KAI juga menyediakan tempat ibadah di kereta restorasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper