Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha ABM Investama (ABMM) Incar Bisnis Logistik Industri Nikel

Anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM), PT Cipta Krida Bahari (CKB) Logistics, bersiap membidik pasar dari industri nikel.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA –  Entitas anak PT ABM Investama Tbk (ABMM), PT Cipta Krida Bahari (CKB) Logistics bersiap meningkatkan keterlibatannya pada industri nikel seiring dengan potensi pasarnya yang optimal.

CEO CKB Logistics Iman Sjafei mengatakan industri nikel memiliki potensi yang cukup baik di masa depan. Hal ini seiring dengan perkembangan industri terkait seperti kendaraan listrik dan baterai yang tengah digalakkan oleh pemerintah Indonesia.

Dia menuturkan, pihaknya juga telah memiliki pengalaman pada industri nikel. Hal tersebut karena CKB Logistik sudah menjadi mitra dari PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dalam pengelolaan logistik seperti keperluan peralatan di lokasi tambang, layanan kargo, dan lainnya.

“Sebenarnya sebelum nikel booming kami juga sudah masuk, bekerja sama dengan Vale sejak sekitar 2011 lalu. Jadi, sekarang kami sedang mencoba memperdalam ke industri ini,” jelas Iman dalam media briefing di Jakarta, dikutip Jumat (22/9/2023).

Iman mengatakan, perusahaan berencana untuk menawarkan layanan logistik terintegrasi untuk para pelaku industri. Pelayanan tersebut mencakup site management services, pelayanan kargo darat, laut, dan udara, hingga pengiriman keperluan terkait di tambang yang ada.

Dia menuturkan, pengelolaan logistik di tambang industri seperti nikel memiliki sejumlah tantangan, seperti akses lokasi yang belum optimal. Hal tersebut karena pada umumnya tambang-tambang tersebut berada di luar kota besar dan cenderung terpencil.

“Tambang-tambang itu kan biasa di lokasi remote (terpencil). Kami bisa memberikan solusi logistik yang menyeluruh untuk pelanggan-pelanggan nantinya, seperti site management sampai mendukung pengiriman hasil produksinya,” papar Iman.

Sementara itu, Business Director Logistics & Distribution CKB Logistics Ety Puspitasari menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan sejumlah perusahaan di industri nikel. 

Meski demikian, dirinya belum dapat merinci perusahaan-perusahaan yang dimaksud dan target kerja sama tersebut akan terwujud.

“Kami sudah ada beberapa inquiry dan ada juga yang masih dalam fase perencanaan. Fokus kami adalah meningkatkan kemampuan di industri ini agar lebih baik dari yang sekarang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper