Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Lapor ke Jokowi: Training Center PSSI di IKN Rampung 6 Bulan

Erick Thohir melaporkan ke Jokowi bahwa pembangunan training center PSSI di IKN akan dikebut menjadi hanya 6 bulan.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan paparan saat konferensi pers di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan paparan saat konferensi pers di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pembangunan pusat pelatihan (training center) nasional PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung dalam waktu 6 bulan. 

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir saat menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pusat pelatihan (training center) sepak bola nasional di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Jumat (22/9/2023). 

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu menyampaikan bahwa pembangunan yang seharusnya memakan waktu 8 bulan itu, akan dipangkas menjadi 6 bulan setelah melakukan koordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson.

“Pembangunan training center tadinya dijanjikan 8 bulan, tetapi saya sudah bilang ke Pak Entus agar [dipangkas jadi] 6 bulan. Pak Presiden tadi juga menyetujui Pak Entus, jadi 6 bulan ya,” kata Erick Thohir dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (22/9/2023). 

Dia pun melanjutkan bahwa pembangunan pusat pelatihan itu nantinya untuk fase 1 akan dibantu oleh FIFA melalui pendanaan dana FIFA Forward kurang lebih hingga Rp85,6 miliar. Erick mengaku bahwa pendanaan sebesar itu merupakan bantuan pertama bagi FIFA dalam memberikan hibah sebesar ini ke sebuah Negara.

Erick menyebut dalam menyelesaikan fase 1 akan terdiri dari 2 lapangan dan tempat penginapan untuk para atlet, pelatih, dan ofisial serta dilengkapi dengan ruang ganti pemain (changing room). 

Erick turut menyampaikan apresiasinya atas kerja sama antara kementerian dan lembaga yakni Kementerian PUPR dalam pembangunan fasilitas, infrastruktur pendukung hingga land clearing dikomandoi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kemudian, bantuan dana pemerintah melalui APBN sebesar Rp95 miliar yang disetujui oleh Menteri Keuangan (Sri Mulyani) dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono yang mempercayakan tanah seluas 34,5 hektare (ha) untuk dibangun sebagai pusat pelatihan nasional. 

Selanjutnya, dia memerinci nantinya di fase dua ini total rencana akan dibangun 8 lapangan yang terdiri dari 5 lapangan besar, 1 lapangan futsal, 1 lapangan latihan tertutup dan lapangan beach football serta fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sports science.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pusat pelatihan atau training center PSSI akan dibangun di IKN dengan total biaya Rp180,6 Miliar.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pusat pelatihan (training center) sepak bola nasional di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Jumat (22/9/2023).

Orang nomor satu di Indonesia itu memerinci bahwa pembangunan akan bersumber melalui dukungan modal dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) melalui pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp85,6 miliar rupiah kepada PSSI.

Dia melanjutkan untuk dukungan dari pemerintah juga mencapai angka fantastis yaitu sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

“Nanti kalau kurang [biayanya] ditambahi lagi. Sehingga barang ini, national training center untuk sepak bola ini segera bisa diselesaikan,” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper