Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal September, Konstruksi MRT Jakarta Fase 2A Mencapai 61,77 Persen

Pembangunan proyek MRT untuk Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran platform slab.
Concrete track bed MRT Jakarta Fase 2/Dok. MRT Jakarta
Concrete track bed MRT Jakarta Fase 2/Dok. MRT Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas pada konstruksi fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 61,77 persen hingga 25 Agustus 2023. 

Dikutip dari laman resmi perusahaan, Senin (4/9/2023), pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran platform slab stasiun, pengecoran tangga akses, pemasangan strut dan waller persiapan launching shaft box jacking entrance 1, pemasangan strut dan waller serta galian ventilation tower 1 dan entrance 2 silang barang daya Monas.

“Selain itu, pengecoran tower dan backfill ventilation tower 2, pemasangan sistem HVAC, sistem elektrikal, dan sistem pemadam kebakaran dengan gas pada gardu induk, pemasangan saluran ventilasi, kabel, pipa suplai air, drainase, dan sistem kebakaran stasiun juga tengah dilakukan," tulis MRT dalam laman resmi. 

Adapun, di Stasiun Thamrin tengah masuk dalam tahap pekerjaan penggalian dan pengecoran roof serta concourse slab, penggalian base slab, pengecoran kolom sisi utara stasiun, piling extension stabling sisi utara stasiun, dan peningkatan sistem ventilasi terowongan dan building automation system di stasiun Bundaran HI.   

Pada saat yang sama, MRT Jakarta menyebut mesin bor terowongan 2 (TBM-2) sedang melakukan pekerjaan pembangunan terowongan northbound dari sisi utara Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang sekitar 979,5 meter (653 ring). 

Sedangkan, mesin bor terowongan 1 (TBM1) sedang melakukan pembangunan terowongan southbound dari Stasiun Monas sisi utara ke Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun 189 meter (126 ring).

Selanjutnya, pengerjaan segmen CP 202 atau Stasiun Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar telah mencapai 18,27 persen hingga 25 Agustus 2023. Progres pada proyek ini mencakup pekerjaan proteksi dan relokasi utilitas, penyelesaian test pit dan pembongkaran pile halte transjakarta di area Stasiun Harmoni, pelaksanaan manajemen rekayasa lalu lintas tahap 3, dan pekerjaan guide wall Stasiun Sawah Besar.

Adapun, progres pengerjaan segmen CP203 ataau Stasiun Glodok-Kota sudah mencapai 38,75 persen hingga 25 Agustus 2023. Pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi meliputi pekerjaan struktur bottom slab, waterproofing area platform, dan pembangunan kolom level base slab. 

Selanjutnya, di Stasiun Kota tengah dilakukan persiapan pekerjaan penggalian tanah untuk roof slab, pemasangan road decking, penanganan temuan terakota pipa air kuno tahap 2, dan pekerjaan pembongkaran struktur eksisting tempat penyeberangan orang (TPO). 

Di luar pekerjaan structural stasiun, saat ini sedang dilakukan persiapan pengiriman TBM 1 dan 2 untuk CP203 serta penyiapan area penyimpanan TBM tersebut di kawasan Monas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper