Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Indralaya-Prabumulih Mulai Beroperasi Hari Ini, Tarif Gratis!

Pengoperasian Jalan Tol Indralaya-Prabumulih belum dikenakan tarif, pengendara yang hendak melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.
Jalan Tol Indralaya-Prabumulih - Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Indralaya-Prabumulih - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih dilaporkan mulai beroperasi tanpa tarif hari ini, Rabu (30/8/2023) mulai pukul 08:00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkapkan, pengoperasian Jalan Tol Indralaya-Prabumulih menyusul dengan dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang didapatkan pada 7 Juli 2023 lalu serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 872/KPTS/M/2023.

“Jalan tol ini sudah siap untuk kami operasikan karena sebelumnya telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 83 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan,” tutur Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (30/8/2023).

Tjahjo juga menambahkan, ruas Tol Indralaya-Prabumulih diklaim telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol, salah satunya yakni dengan menyediakan (dua) rest area yang berada di KM 65 Jalur A & B. 

Meskipun pengoperasian Jalan Tol Indralaya-Prabumulih belum dikenakan tarif, pengendara yang hendak melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

“Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar. Nantinya untuk estimasi tarif yang berlaku sekitar Rp1.338/km-nya, tapi untuk detail lebih lengkap akan kami infokan setelah Kepmen tarif jalan tol ini telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR,” pungkasnya.

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. 

Sebagai informasi, Jalan tol Indralaya–Prabumulih yang melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih ini sebelumnya telah difungsionalkan secara khusus pada momen Lebaran tahun 2023.

Ruas tol sepanjang 63,5 kilometer (km) ini memiliki kecepatan rencana 100 km per jam. Hadirnya jalan tol ini diperkirakan dapat memangkas waktu tempuh menjadi 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih. 

Di samping itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan 2 simpang susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 box overpass, 22 box pedestrian, 1 gerbangtTol, dan 1 pasang rest area tipe A.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper