Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dulu Nyinyir, Sekarang Prabowo Puji Jokowi Sukses Turunkan Rasio Utang

Ketum Gerindra Prabowo Subianto memuji Jokowi yang sukses menurunkan rasio utang pemerintah dan terendah di antara negara G20.
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020./Instagram-Prabowo
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020./Instagram-Prabowo

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sukses menurunkan rasio utang pemerintah Indonesia, yang saat ini terendah di antara negara-negara G20 dan Asean.

Prabowo awalnya memuji pidato yang disampaikan oleh Presiden Jokowi terkait dengan RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung DPR hari ini. Dia menilai hal tersebut menunjukkan kondisi ekonomi dalam negeri yang bagus.

"Ya ini menunjukkan kondisi ekonomi kita bagus, tadi juga disebut rasio utang kita terhadap GDP termasuk salah satu terendah di dunia," katanya saat ditemui wartawan usai pidato RAPBN 2024 dan Nota Keuangan, Rabu (16/8/2023).

Oleh karena itu, Prabowo menilai masyarakat perlu bersyukur atas prestasi itu. PR pemerintah, lanjutnya, yakni tinggal mengentaskan kemiskinan seperti amanat dari Presiden.

"Presiden tadi kan mau mempercepat pengentasan kemiskinan, ada hal-hal yang harus kita perbaiki semua. Jadi kita bangga luar biasa," ucapnya.

Ucapan Prabowo saat ini berbeda 180 derajat saat dirinya masih menjadi oposisi, khususnya saat menjadi Calon Presiden (Capres) saat Pemilihan 2019. Kala itu, Prabowo acap kali menyindir sikap pemerintahan Jokowi yang sering mencetak utang luar negeri. 

Menurut Prabowo, utang yang dilakukan pemerintah Indonesia saat itu dilakukan tidak untuk hal-hal yang produktif. Salah satunya untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS). 

Adapun, Presiden Jokowi memamerkan capaian rasio utang Indonesia menjadi yang terendah di antara kelompok negara G20 dan Asean. Dia menjelaskan saat ini rasio utang sudah menurun dari 40,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 2021 menjadi 37,8 persen pada Juli 2023.

Capaian tersebut lebih rendah dari rasio utang Malaysia yang saat ini berada di tingkat 66,3 persen terhadap PDB. Sementara rasio utang China berada di posisi 77,1 persen dan India sebesar 83,1 persen.

"Rasio utang Indonesia juga salah satu yang paling rendah di antara kelompok negara G20 dan Asean, bahkan sudah menurun dari 40,7% PDB di tahun 2021 menjadi 37,8 persen di Juli 2023," ujarnya pada Pidato Kenegaraan dalam rangka Penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan, Rabu (16/8/2023).

Jokowi menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara dengan pemulihan ekonomi yang cepat, konsisten, dan inklusif. Pertumbuhan ekonomi selama tujuh kuartal terakhir, sejak akhir 2021, secara konsisten berada di atas 5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper