Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ensia 2023: KLHK Imbau Pengusaha Jalankan Instrumen Proper

Wamen LHK Alue Dohong menekankan pentingnya instrumen Proper dalam acara Ensia 2023 yang diadakan PT Sucofindo.
Acara Environmental and Social Innovation Award (Ensia) 2023 yang diadakan PT Sucofindo./ Dok. Sucofindo
Acara Environmental and Social Innovation Award (Ensia) 2023 yang diadakan PT Sucofindo./ Dok. Sucofindo

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menekankan kepada pelaku usaha akan pentingnya keseimbangan efisiensi ekonomi, lingkungan, dan sosial yang sejalan dengan instrumen Public Disclosure Program for Environmental Compliance (Proper).

Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup. Komitmen pelaku usaha dalam mengelola keseimbangan lingkungan, ekonomi, dengan sosialnya harus sejalan dengan instrumen Proper.

“Bagaimana perusahaan mengelola, tak hanya aspek benefit, tetapi aspek terhadap lingkungan dan tanggung jawab terhadap sosialnya,” kata Alue Dohong dalam siaran pers, Jumat (11/8/2023).

Dia mengapresiasi PT Sucofindo dalam acara Environmental and Social Innovation Award (Ensia) 2023 yang memberikan penghargaan kepada 106 pelaku usaha. Diharapkan ke depannya para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan.

Alue berharap gelaran ini bukan penghargaan yang terpisah sendiri, tetapi dapat terintegrasi dengan sistem penilaian Proper yang dilakukan oleh Pemerintah.

Sementara itu, Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas mengatakan penghargaan Ensia ini sejalan dengan dukungan perseroan terhadap program KLHK.

“Diharapkan secara teknis penghargaan ini dapat digunakan sebagai dokumen pendukung perolehan Proper Hijau dan Emas,” ujar Darwin.

Perhelatan Ensia ini telah terlaksana sejak 2022. Adapun penghargaan yang diberikan, terdiri dari 7 topik inovasi lingkungan dan sosial, meliputi efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran, perlindungan keanekaragaman hayati, serta inovasi sosial. Masing-masing topik tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan platinum, gold dan silver.

Kepala PT Sucofindo Cabang Semarang Wahyudi Arief menuturkan peserta Ensia tahun ini meningkat dibandingkan dengan pada 2022.

“Ensia tahun ini menerima sebanyak 473 pendaftaran paper aspek inovasi lingkungan dan sosial dari 106 pelaku usaha. Hal ini meningkat sekitar 58 persen dari Ensia tahun lalu," ujarnya.

Sebagai komitmen mendukung kelestarian lingkungan, PT Sucofindo telah memiliki layanan Verifikasi dan Validasi Gas Rumah Kaca (GRK). Hal ini sesuai dengan peranan PT Sucofindo sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) GRK, yang telah terakdredisasi oleh KAN-BSN.

Layanan Verifikasi dan Validasi GRK ini mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi GRK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper