Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Sirkuit, Mandalika Segera Punya Pacuan Kuda

Dari cetak biru rencana pengembangan Mandalika, sudah sejumlah investor yang berniat mengembangkan tempat-tempat olahraga seperti pacuan kuda.
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA -- Apa yang berada dalam pikiran ketika menyebut kata Mandalika? Sirkuit? 

Nah, tak hanya itu, Perusahaan BUMN Pariwisata Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) masih punya beragam proyek yang akan dikembangkan di Mandalika. 

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC mengatakan, sebagai pengembang kawasan ekonomi khusus, Mandalika masih akan dikembangkan lebih lanjut dengan olahraga. 

Dari cetak biru rencana pengembangan Mandalika, sudah sejumlah investor yang berniat mengembangkan tempat-tempat olahraga seperti lapangan golf, pacuan kuda, lapangan tenis, olahraga air, dan ada juga lapangan sepak bola. 

Ema mengatakan, pacuan kuda adalah salah satu yang akan dikembangkan di sana dalam waktu dekat. Nantinya, tak hanya ada tempat untuk memacu kuda, tapi juga akan disediakan tempat berlatih, kandang-kandang, dan juga padang rumput luas untuk kudanya bisa lebih bebas. 

Menurutnya, dengan hadirnya pacuan kuda, akan ada jumlah wisatawan yang bertambah ke sana. Kedua, jumlah investasi yang akan menuju ke Mandalika juga akan semakin banyak. 

Selain ada pacuan kuda, fasilitas dan sarana akomodasi dan infrastruktur juga akan dibangun. Dengan demikian pengembangan pacuan kuda ini akan membuka lapangan pekerjaandan menyerap lebih banyak tenaga kerja. 

"Jadi kalau nanti dilengkapi hotel bintang 4 atau 5, tenaga kerjanya bisa 400-500, ini ada beberapa yang mau buka di Mandalika, kemudian ada mini mall, ada  pacuan kuda juga ini menarik, akan ada sekitar 80 kuda di sana, di mana satu kuda akan ada yang merawat sekitar 3-4 orang, berarti bisa membuka ratusan lapangan pekerjaan," jelas Ema dalam konferensi pers, Selasa (8/8/2023). 

ITDC mengungkapkan pengembangan pacuan kuda ini nantinya didanai 100 persen oleh investor lokal. Namun, ITDC belum bisa membocorkan siapa investor tersebut. 

Pacuan kuda tersebut nantinya akan dibangun di atas lahan seluas 25 hektare dan bisa bertambah jika ada permintaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper