Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Pandemi, Pengembang Pilih Bangun Rumah Buat Menengah Atas

Pengembang properti memilih untuk membangun rumah tapak kelas atas usai pandemi Covid-19.
Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar properti residensial, khususnya rumah tapak kembali menggeliat usai pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ada pergeseran tren yang terjadi dari sisi produksi pasokan yang dilakukan pengembang.

Director Strategic Consulting Indonesia, Arief Rahardjo mengatakan kepercayaan pasar terhadap produk perumahan terus tumbuh. Permintaan rumah tapak segmen menegah kini melaju kencang sebesar 26 persen dari total permintaan.

"Ada perbedaan mengenai segmentasi yang ditawarkan jadi tadinya pengembang banyak yang perumahan lebih kecil, tapi kita lihat semester ini pengembang menawarkan segmen lebih tinggi," kata Arief, Kamis (27/7/2023).

Sementara itu, segmen rumah tapak kelas atas pun terus menunjukkan peningkatan permintaan yang mewakili sekitar 23,9 persen dari total unit yang terjual. Adapun, sebagian besar permintaan berasal dari end-user, sekitar 77 persen.

Profil end-user pembeli rumah tapak merupakan konsumen pemilik rumah pertama dan keluarga yang lebih mapan dan mencari hunian yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan terus meningkat.

Dari segi pasokan, unit segmen kelas atas mendominasi pasokan baru semester ini dengan 34,3 persen dari total pasokan sebanyak 4.445 unit, diikuti oleh segmen menengah sebesar 27,3 persen.

"Kawasan Tangerang mendominasi pasokan baru dengan mendominasi sebesar 51 persen, diikuti oleh Bogor dan Depok dengan 22 persen," terangnya.

Menurut Arief, hal ini menunjukkan keyakinan pengembang dalam pasar dengan memperkenalkan produk-produk kelas atas di berbagai perumahan, yang menandakan optimisme mereka terhadap kepercayaan pasar secara keseluruhan dan potensinya.

"Harga perumahan pun naik seiring dengan improvment infratruktur jalan dan fasilitas lain di sekitar, biaya konstruksi juga mempengaruhi kenaikan harga dari properti," ujarnya.

Kemajuan dalam infrastruktur transportasi juga berkontribusi pada laju kenaikan harga tanah. Akibatnya, harga jual rata-rata tahunan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 4,49 persen.

Berdasarkan data terbaru Cushman & Wakefield Q2 2023 Marketbeat Reports, nilai transaksi rata-rata per unit sekitar Rp2,08 miliar, menunjukkan peningkatan sebesar 15,6 persen dibandingkan dengan paruh pertama pada 2022.

Wilayah Jabodetabek menunjukkan tingkat rata-rata penyerapan bersih bulanan sebanyak 20 unit per perumahan selama semester I/2023, menurun 20,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Meskipun nilai ini mencerminkan penurunan 8 persen secara tahunan, namun tetap relatif stabil dibandingkan semester sebelumnya naik 4 persen yang menunjukkan daya beli yang menjanjikan dalam pasar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper