Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Kalahkan Jepang

Paspor Singapura memungkinkan pemegangnya untuk masuk bebas visa ke 192 dari 227 negara tujuan global.
Paspor Singapura/Istimewa.
Paspor Singapura/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan Henley Passport Index, Singapura berhasil menggeser posisi Jepang sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia.

Mengutip The Straits Times, Rabu (19/7/2023), paspor Singapura memungkinkan pemegangnya untuk masuk bebas visa ke 192 dari 227 negara tujuan global.

Singapura terakhir memegang posisi teratas pada tahun 2021, dengan perjalanan bebas visa ke 194 tujuan, dibandingkan dengan Jepang yang berada di posisi kedua dengan 193 tahun pada tahun itu.

Singapura berada di urutan kedua pada tahun 2022 bersama dengan Korea Selatan, dengan akses bebas visa ke 192 tujuan. Jepang adalah negara teratas, dengan 193 tujuan bebas visa pada tahun lalu.

Dalam data terakhir, Jepang turun ke posisi ketiga, dengan akses bebas visa ke 189 tujuan di seluruh dunia. Jepang berbagi posisinya dengan Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan, dan Swedia.

Adapun Italia, Jerman, dan Spanyol berada di urutan kedua dengan akses bebas visa ke 190 tujuan, menurut daftar yang diterbitkan oleh konsultan imigrasi yang berbasis di London, Henley & Partners.

Di bagian bawah daftar adalah Afghanistan dengan akses mudah ke 27 tujuan. Yaman (99), Pakistan (100), Suriah (101) dan Irak (102) melengkapi lima terbawah.

Dengan data historis selama 18 tahun, Indeks Paspor Henley didasarkan pada data eksklusif dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional. Indeks tersebut mencakup 199 paspor berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Straits Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper