Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha, Tiket Pesawat Naik 30 Persen?

Para penumpang pesawat di Bandar Soekarno-Hatta mengatakan harga tiket rata-rata mengalami kenaikan hingga 30 persen.
Pesawat Batik Air di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (14/2/2019). Bisnis/Nurul Hidayat
Pesawat Batik Air di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (14/2/2019). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA- Para penumpang pesawat mengaku harga tiket pada masa libur cuti periode Iduladha rata-rata mengalami kenaikan dari kondisi normal untuk penerbangan domestik.

Salah seorang penumpang Garuda Indonesia, Santoso menyebutkan telah membeli tiket penerbangan Bandara Soekarno-Hatta ke Palembang, dengan harga Rp1,2 juta. Padahal, menurut Santoso, tiket pesawat tujuan kota dengan makanan khas pempek ini dibanderol dengan harga sekitar Rp900.000.

"Tujuan Palembang, Sumsel. Kalau sekarang saya naik ekonomi Rp1,2 juta, biasanya sih cuman Rp900.000 ya," tutur Santoso saat ditemui Bisnis di area Stasiun KA Kalayang Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (28/6/2023).

Santoso mengklaim, awalnya dia akan memilih penerbangan kelas bisnis dengan maskapai Batik Air yang menurutnya biasa dibanderol dengan harga Rp1,6 juta.

Namun urung, dikarenakan harga yang cukup tinggi dan mendapat kursi di kelas ekonomi dengan harga yang lebih miring meskipun berbeda maskapai."Kalau Batik Air, dia awalnya yang bisnis itu Rp1,6 juta jadi Rp2,4 juta," tambah Santoso.

Jika dipersentasekan, kenaikan harga tiket pesawat kelas ekonomi Garuda Indonesia tujuan Palembang ini meningkat sebesar 33,3 persen atau Rp300.000. Sedangkan kenaikan harga pesawat tujuan kota yang sama dengan maskapai Batik Air sebesar Rp800.000 ini jika dipersentasekan menjadi naik 50 persen.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada laman pemesanan tiket pesawat secara daring, tiket.com, harga tiket pesawat Soekarno-Hatta ke Palembang dengan maskapai Garuda Indonesia untuk keberangkatan Kamis (29/6/2023), dihargai Rp1,2 juta.

Senada dengan Santoso, seorang penumpang Super Jet Air tujuan Lombok, Nusa Tenggara Barat Hilya Fajrina yang menyebutkan ada kenaikan sebesar 50 persen untuk tiket pesawat yang dibelinya pada periode libur Iduladha ini.

"Saya mau ke Lombok, naik Super Jet Air biasanya sekitar Rp600.000, mungkin karena Iduladha jadi Rp900.000 sekianlah," tutur Hilya saat ditemui Bisnis di Terminal 1A keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (28/6/2023).

Hilya bahkan menyebutkan, saat momen libur Lebaran Idulfitri, dia biasa mendapati harga tiket pesawat naik hingga 100 persen."Kalau lebaran malah bisa sampai Rp1,2 juta dari Rp600.000 ke Lombok," tambah Hilya.

Sementara dalam laman pegipegi.com, harga tiket untuk keberangkatan Lombok dari Bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai Super Jet Air kelas ekonomi dibanderol dengan harga Rp1,5 juta untuk keberangkatan Jumat (30/6/2023). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper