Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FishLog, Startup Agri Siap Dukung Stelina KKP

FishLog berencana menjadi perusahaan global yang berfokus pada sustainability & traceability perikanan global.
Nelayan tuna di Filipina/ /Bloomberg - Enrique Soriano
Nelayan tuna di Filipina/ /Bloomberg - Enrique Soriano

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Kelautan dan Perikanan memperkuat sistem ketertelusuran industri perikanan dan pencegahan pencurian ikan di Tanah Air dengan memperkenalkan Sistem Ketertelusuran dan Logistik Ikan Nasional (Stelina).

Industri perikanan membutuhkan dukungan sistem yang menjamin keterkaitan hulu-hilir guna mencegah praktik IUU Fishing.

FishLog sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi perikanan atau startup agritech, menyatakan dukungan terhadap program tersebut. FishLog bersama pemangku kepentingan bisa mendukung pemerintah untuk hilirisasi industri perikanan.

Hal itupun diungkapkan dalam webinar bulanan yang diusung FishLog. “FishLog melihat bahwa konsep traceability akan menjadi praktik standar dalam industry perikanan demi menjaga lingkungan, memastikan keamanan pangan, dan mempromosikan perdagangan ikan yang adil,” ujar Reza Fahlepi, Co-Founder FishLog, dikutip dari siaran pers, Rabu (27/6/2023).

Lebih jauh, Reza menjelaskan bahwa FishLog berkomitmen untuk memanfaatkan platformnya dalam mendukung tujuan dari program Stelina di Indonesia. Dengan mengaktifkan konektivitas nasional dalam jaringan rantai dingin perikanan, FishLog memastikan bahwa setiap pemangku kepentingan, mulai dari nelayan, pengolah hingga distributor, dapat berpartisipasi aktif dalam upaya traceability.

Pendekatan komprehensif ini tidak hanya membangun akuntabilitas tetapi juga memupuk rasa tanggung jawab bersama menuju industri perikanan yang berkelanjutan.

“Melalui misi ini, FishLog berkomitmen untuk menjadi perusahaan global dimana kami akan mulai beroperasi di beberapa negara. Ekspansi bisnis yang kami lakukan ini tidak hanya akan berfokus pada pertumbuhan bisnis FishLog tapi juga memprioritaskan sustainability dan traceability dalam industri perikanan juga kami akan mengimplementasi teknologi blockchain untuk bisa menelusuri asal ikan sehingga kualitas ikan tetap terjaga,” tambah Reza.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Kelompok Pemetaan dan Pemantauan PDS-KKP Herlin mengungkapkan seluruh proses pengadaan, penyimpanan, distribusi dan pemasaran pada sektor hulu dan hilir memerlukan informasi riwayat produk beserta pergerakannya atau yang lebih dikenal dengan system ketertelusuran.

“Hal ini perlu integrasi dengan para pelaku industri perikanan terutama terkait konektivitas,” ujarnya.

Dari pencapaian yang dimiliki selama ini, FishLog menekankan misinya untuk berkolaborasi dengan mitra internasional dan mempromosikan praktik perikanan yang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Teknologi digital sebagai salah satu upaya efisiensi mata rantai pasok industri perikanan dan pemberdayaan bagi pemilik usaha perikanan skala kecil hingga besar. Perlu adanya kolaborasi dengan berbagai aktor/stakeholder pelaku di sektor perikanan agar terbentuk ekosistem bisnis perikanan yang efektif, efisien, dan berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper