Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota-Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia Tahun 2023, Ada New York hingga Tokyo

Hong Kong, New York, Jenewa, London, dan Tokyo menempati lima besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia.
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah studi menyebutkan bahwa New York melampaui Hong Kong sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali oleh ekspatriat. Sementara itu harga sewa yang meroket di Singapura telah membuat negara tersebut tergabung menjadi salah satu dari lima besar kotga termahal.

Melansir Bloomberg, Rabu (7/6/2023), melonjaknya pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya biaya akomodasi merupakan alasan mengapa New York dapat menduduki urutan teratas sebagai negara dengan biaya hidup yang tinggi, sedangkan Jenewa dan London masih berada di posisi ketiga dan keempat.

Sementara itu, Singapura yang pada tahun lalu berada di peringkat 13, kini naik menduduki urutan kelima.

“Kenaikan pusat keuangan Asia Tenggara ini sebagian besar disebabkan oleh kenaikan besar dalam biaya akomodasi," kata Direktur Regional ECA International untuk Asia, Lee Quane.

Lonjakan permintaan terhadap rumah sewa, sebagian didorong oleh pengurangan pembatasan pandemi Covid-19 yang lebih cepat dibandingkan dengan lokasi-lokasi utama lainnya di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan laporan tersebut, Istanbul menjadi negara yang mengalami kenaikan paling besar pada tahun ini dengan naik 95 peringkat ke posisi 108 yang didukung dengan lonjakan harga sebesar 80 persen dari dorongan kebijakan ekonomi Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Adapun beberapa harga sewa Dubai yang turut naik sebanyak sepertiga akibat masuknya ekspatriat Rusia. Hal tersebut mendongkrak kotar ini naik pada peringkat 12.

Berbanding terbalik dengan kota-kota di Eropa yang mengalami kenaikan peringkat, justru beberapa kota yang ada di Norwegia dan Swedia mengalami penurunan akibat mata uang yang melemah, serta sejumlah kota di Prancis yang mengalami penurunan akibat inflasi yang lebih rendah dibandingkan kota-kota lain di Eropa.

Tidak hanya Prancis, Norwegia, dan Swedia, sejumlah kota di China juga turut mengalami penurunan akibat pelemahan mata uang dan tingkat inflasi yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Semua kota di AS mengalami lonjakan peringkat akibat menguatnya nilai tukar dolar AS dan inflasi yang tinggi, bahkan San Fransisco berhasil masuk ke dalam 10 besar.

Berikut ini merupakan 20 kota dengan biaya hidup tertinggi di dunia untuk para ekspatriat (dengan peringkat tahun 2022 dalam tanda kurung):

 

Hong Kong, China (1)

New York, AS (2)

Jenewa, Swiss (3)

London, Inggris (4)

Tokyo, Jepang (5)

Tel Aviv, Israel (6)

Zurich, Swiss (7)

Shanghai, China (8)

Guangzhou, China (9)

Seoul, Korea Selatan (10)

San Francisco, Amerika Serikat (11)

Shenzhen, China (12)

Singapura (13)

Beijing, China (14)

Bern, Swiss (16)

Kopenhagen, Denmark (18)

Los Angeles, AS (21)

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (22)

Dubai, Uni Emirat Arab (23)

Chicago, AS (25)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper