LRT Jabodebek Batal Gratiskan Tarif saat Soft Launching, Ini Alasannya

LRT Jabodebek tidak jadi menggratiskan tarif saat periode soft launching pada 12 Juli 2023. Penumpang nantinya harus membayar Rp1.
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA

Bisnis.com, JAKARTA - LRT Jabodebek akan mengenakan tarif sebesar Rp1 selama periode soft launching atau joyride yang dimulai pada 12 Juli 2023. Hal ini berbeda dari rencana awal yaitu penumpang tidak dikenakan tarif atau gratis selama periode soft launching.

Manajer Humas LRT, Kuswardoyo, mengatakan, pihak operator sedianya tidak akan mengenakan biaya selama periode soft launching tersebut. Namun, hal tersebut batal dilakukan karena kendala teknis terkait sistem tiket elektronik.

Dia menjelaskan, sistem tiket elektronik di stasiun-stasiun LRT Jabodebek tidak dapat membaca transaksi dengan nilai Rp0 saat tap in. Sistem tersebut tetap memerlukan nominal saat masuk ke stasiun sehingga operator memutuskan untuk mengenakan tarif sebesar Rp1.

“Selama soft launching itu kami menggunakan skema operasi normal, jadi menggunakan tap in dan tap out di stasiun-stasiun. Hal ini juga menjadi salah satu strategi kami dalam menyosialisasikan pembayaran di LRT Jabodebek,” kata Kuswardoyo saat dihubungi, Kamis (1/6/2023).

Kuswardoyo melanjutkan, periode soft launching LRT Jabodebek akan dibuka pada 12 Juli 2023 hingga 15 Agustus 2023. Selama periode ini, LRT Jabodebek akan membawa penumpang dalam jumlah terbatas setiap harinya. Meski demikian, dia tidak memerinci jumlah penumpang yang akan diangkut setiap harinya.

Dia menerangkan, masyarakat yang berminat mencoba LRT Jabodebek dapat mendaftarkan diri melalui media sosial @lrt_jabodebek saat masa registrasi sudah dibuka.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut bahwa tidak ada perubahan waktu pengoperasian LRT Jabodebek.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, sesuai dengan jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan, moda transportasi ini akan mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023. 

“Sampai sekarang masih on schedule [18 Agustus 2023 akan mulai dioperasikan],” ujarnya.

Adapun, uji coba pengoperasian LRT Jabodebek akan terlebih dahulu diselenggarakan pada 12 Juli 2023. Uji coba, ujarnya, akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan.

Selama waktu yang telah ditetapkan, masyarakat dapat menikmati layanan LRT Jabodebek secara gratis saat jam operasional pukul 06.00-22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper