Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lippo Group Garap Pasar Kesehatan China, Dirikan RS Changsu

Lippo Group mendirikan rumah sakit di Changsu, China yang fokus melayani ginekologi, pediatrik, dan layanan medis terkait.
Lippo Group mendirikan RS Changsu, China yang berfokus melayani  ginekologi, pediatrik, dan layanan medis terkait/Istimewa
Lippo Group mendirikan RS Changsu, China yang berfokus melayani ginekologi, pediatrik, dan layanan medis terkait/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Anak usaha Lippo, OUE Healthcare, Ltd. atau OUEH hari ini meluncurkan rumah sakit usaha patungan (joint venture/JV) pertamanya di Changshu, Provinsi Jiangsu, China dengan fokus pelayananan kesehatan di bidang obstetri dan ginekologi (“O&G”). 

Peluncuran Rumah Sakit Changshu secara resmi dilakukan oleh Menteri Senior Negara untuk Keberlanjutan, Lingkungan Hidup dan Tenaga Kerja Singapura Koh Poh Koon dan Walikota Suzhou, Wu Qingwen. 

Dioperasikan oleh perusahaan joint venture OUEH yakni China Merchants Lippo Hospital Management (Shenzhen), Ltd. (“CM Lippo”), rumah sakit Obstetri dan Ginekologi tersebut memiliki kapasitas 100 tempat tidur dan menjadi rumah sakit O&G swasta pertama yang beroperasi di kota Changshu, China.

Rumah sakit tersebut akan menyediakan pelayanan kebidanan, ginekologi, pediatrik, dan layanan medis terkait lainnya kepada pasien di Changshu, Suzhou, dan wilayah Delta Sungai Yangtze. 

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan ekspansi ini menandakan bahwa sektor kesehatan merupakan lini bisnis prioritas bagi Lippo Group. “Ini adalah rumah sakit kedua Lippo di mancanegara, setelah sebelumnya Lippo melalui OUE Healthcare, Ltd membuka layanan di Yangon, Myanmar,” ungkapnya dikutip pada Rabu (17/5/2023).

Tidak hanya itu, lanjutnya, ekspansi internasional inipun memberikan sinyal bahwa Lippo Group yang dikenal sebagai pemilik jaringan RS Siloam (SILO), menjamin kualitas layanan maupun SDM kesehatan berstandar global.

Chairman OUEH, Lee Yi Shyan mengatakan pihaknya mengapresiasi peluncuran rumah sakit JV pertama dengan China Merchants Group di China yang berlokasi di Changshu, Suzhou, yang merupakan salah satu lokasi yang paling dinamis secara ekonomi dan pro-bisnis di China. 

“Kami berharap dapat menghadirkan perawatan dan layanan rumah sakit terbaik di kelasnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen China yang meningkat sesuai dengan standar internasional dan pengalaman klinis dan perawatan Singapura,” jelasnya. 

CM Lippo adalah perusahaan joint venture antara Grup Lippo dengan anak perusahaan China Merchants Shekou Industrial Zone Holdings Co., Ltd., (“CMSK”), dengan persentase  kepemilikan saham 50 : 50. CMSK adalah perusahaan anggota China Merchants Group (“CMG”), BUMN setempat yang berbasis di Hong Kong, dan di bawah pengawasan langsung Komisi Administrasi dan Pengawasan Aset Milik Negara Dewan Negara. 

Menurut Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady kerja sama internasional sekaligus pembukaan operasional di mancanegara ini diharapkan meningkatkan pengalaman dan kualitas layanan SILO secara komprehensif. 

“Dengan kerja sama serta pembukaan cabang rumah sakit di China, akan membuat ekosistem SILO lebih luas, serta memberikan pesan bahwa kualitas layanan seluruh jaringan SILO sudah bertaraf internasional,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Chief Executive Officer OUEH, Yet Kum Meng. Dia mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan pembukaan Rumah Sakit Changshu, yang merupakan tonggak penting dalam perjalanan perusahaan untuk membangun ekosistem perawatan kesehatan regional yang didasarkan pada kualitas medis internasional yang terbaik. 

“Kami percaya bahwa proposisi nilai holistik kami dalam memberikan spektrum penuh layanan perawatan akan memenuhi berbagai kebutuhan pasien kami serta memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan terkait,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper