Bank Indonesia Sumsel Cetak Rekor MURI

BI juga kembali memberikan 100 unit alat pembuat pupuk arang sekam dan asap cair, untuk para petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).
Foto: Bank Indonesia Sumsel Cetak Rekor MURI
Foto: Bank Indonesia Sumsel Cetak Rekor MURI

Bisnis.com, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan rekor MURI pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ataspembuatan pupuk arang sekam dan asap cair menggunakan alat produksi terbanyak. 

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri kepada Kepala Perwakilan BI Sumsel, Erwin Soeriadimadja. 

Pada kesempatan yang sama, BI juga kembali memberikan 100 unit alat pembuat pupuk arang sekam dan asap cair, untuk para petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. 

Penyaluran alat pertanian itu diserahkan tepat pada pembukaan Pekan Daerah (Peda) KTNA XV Provinsi Sumsel tahun 2023. 

Hadir dalam pembukaan acara itu Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua KTNA Nasional Yadi Sopyan Nur, serta Ketua KTNA Sumsel Muhammad Basyir DA.

Disampaikan Herman Deru, terselenggaranya kegiatan PEDA KTNA XV tahun 2023 ini menjadi sinyal bahwa seluruh lapisan baik itu Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Sumsel, tetap berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas petani di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya para petani dapat memanfaatkan gelaran kegiatan PEDA KTNA ini untuk mencari jawaban atas persoalan pertanian yang kerap muncul atau dihadapi oleh para petani.

“Sebab persoalan pertanian di setiap daerah itu beda-beda, ada yang soal distribusi pupuk, ada yang soal irigasi, harga,” kata Deru, Rabu (10/5/2023).

Sehingga dia berharap, Peda ini dapat melahirkan komponen-komponen dari setiap rekomendasi, yang bisa disampaikan kepada para pemimpin daerah untuk kemudian diteruskan kepada Menteri Pertanian sebagai pemangku kebijakan. 

Ketua KTNA Nasional, Yudi Sopyan menyampaikan kegiatan Peda KTNA ini merupakan pemanasan jelang Pekan Nasional (Penas) KTNA tahun 2023. 

Dia menerangkan bahwa Penas KTNA tahun 2023 akan dilangsungkan di Kota Padang, pada 10 hingga 15 Juni 2023, dengan total peserta mencapai 25.000 orang.

“Penas akan dihadiri 25.000 petani dan nelayan dari seluruh Indonesia,” kata Yudi. 

Sementara itu, Ketua KTNA Sumsel M.Basyir DA menjelaskan kegiatan yang berlangsung di Lapangan KONI Belitang, Desa Gumawang, Kabupaten OKU Timur itu diikuti sekitar 1.450lebih peserta. 

“Kalau peserta dari seluruh kabupaten/kota di Sumsel pada hari ini berkisar 1.450 lebih,” ujarnya. 

Basyir menyampaikan kegiatan KTNA periode selanjutnya akan dilakukan di Kabupaten Empat Lawang, Sumsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper