Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Blibli Mulai Bangun Gudang Terbesar di Kawasan Marunda

Gudang ke-17 ini digadang-gadangkan sebagai gudang terbesar dengan luas mencapai 10 (ha) dan didesain ramah lingkungan.
Blibli. /Blibli
Blibli. /Blibli

Bisnis.com,JAKARTA- PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli mulai melakukan pembangunan gudang di kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Gudang ke-17 ini digadang-gadangkan sebagai gudang terbesar dengan luas mencapai 10 ha dan didesain ramah lingkungan serta dilengkapi dengan teknologi otomasi seperti smart conveyor, serta mesin sortir otomatis berkecepatan tinggi. 

Dalam seremoni groundbreaking, Blibli Menghadirkan tanah yang dikirim dari 16 gudang Blibli tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, dan melambangkan komitmen Blibli untuk menghadirkan layanan yang optimal bagi masyarakat.

Chief Executive Officer (CEO) dan Co Founder Blibli Kusumo Martanto mengatakan bahwa, sebagai salah satu pelopor e-commerce di Indonesia, Blibli menghadapi tantangan untuk menghadirkan layanan logistik di tengah kondisi geografis Indonesia yang luas dan terdiri dari ribuan pulau.

"Tantangan kita adalah bagaimana memberikan layanan yang cepat, konsisten, dan terpercaya. Makanya kita terus berusaha berkembang dan memberikan lebih," ujarnya di sela seremoni groundbreaking, Kamis (11/5/2023).

Menurutnya, dengan hadirnya gudang terbesar ini, bukan berarti Blibli akan berhenti berinovasi, melainkan sebagai titik awal dari pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

"Kita terus berikan yang terbaik dan secara bisnis bisa lebih berkelanjutan," tambahnya.

Dia menambahkan, gudang itu akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau serta berbasis teknologi tinggi yang ramah lingkungan sehingga bisa dimanfaatkan oleh generasi-generasi selanjutnya. 

Blibli, tuturnya, selain mengusung bisnis ecommerce, juga terus melebarkan sayap dengan hadirnya Blibli tiket, dan dilengkapi retail modern Ranch Market dan Farmers sehingga tercipta ekosistem retail dan gaya hidup yang lebih positif. 

"Kami harapkan dengan adanya gudang baru ini, bisa meningkatkan industri, retail dan logistik, serta menyerap tenaga kerja yang akan berimplikasi positif bagi peningkatan perekonomian Indonesia. Mohon doa dan dukungannya," pungkasnya.

Lisa Widodo, Chief Operation Officer (COO) Blibli menambahkan, gudang itu dibangun dalam 2 fase di mana sebagian besarnya akan dibangun pada fase pertama. Adapun fase itu direncanakan selesai pada akhir 2024.

Selain gudang, areal itu akan dilengkapi dengan bangunan kantor 5 lantai. Adapun total volume yang bisa ditampung nantinya akan mencapai 20 juta barang  dan beroperasi selama 24 jam.

"Kami lengkapi pula dengan teknologi ramah lingkungan seperti solar panel, pemanfaatan air hujan serta pengolahan limbah," ungkapnya.

Menurutnya, gudang itu sangat strategis karena terletak dekat dengan Pelabuhan Marunda serra Tanjung Priok dan dapat menjangkau Bandara Soekarno Hatta, sehingga distribusi barang akan sangat cepat. 

Lanjut dia, beroperasinya gudang Marunda nantinya akan semakin memperkuat sinergi antara BES Paket sebagai mitra logistik pengiriman ke konsumen akhir yang dimiliki sendiri (1PL) dengan lebih dari 20 mitra 

logistik pihak ketiga (3PL partner) dalam menyokong layanan pengiriman 2 Jam Sampai, yang kini telah hadir di 42 kota.

Keberadaan gudang Marunda juga turut memperluas jangkauan solusi layanan Fulfilment by Blibli di mana seluruh infrastrukturnya dapat digunakan oleh para mitra seller, didukung ribuan pekerja, puluhan loading dock, serta kemampuan memproses hingga puluhan ribu pesanan per jam. 

"Ya selain itu bisa juga menyerap tenaga kerja hingga ribuan orang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper