Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Penerbangan Lion Air Asal Palembang Delay, Ini Penyebabnya

Lion Air menjelaskan soal penyebab tiga penerbangan dari Palembang mengalami keterlambatan atau delay,
Pesawat Lion Air jenis Air Bus A330-900 neo le[pas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/11/2022). Bisnis/Paulus Tandi Bone
Pesawat Lion Air jenis Air Bus A330-900 neo le[pas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/11/2022). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air memaparkan penyebab tiga penerbangan dari Palembang mengalami keterlambatan usai libur Lebaran 2023.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, keterlambatan tiga penerbangan Palembang pada Selasa (2/5/2023) sedianya memiliki tujuan masing-masing ke Bandara Juanda, Surabaya, Bandara Hang Nadim, Batam, serta Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

“Kami meminta maaf atas keterlambatan penerbangan-penerbangan tersebut dari Palembang,” jelasnya dalam keterangan resmi perusahaan, Rabu (3/5/2023).

Danang memaparkan, keputusan menunda keberangkatan memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang. Penundaan disebabkan oleh kondisi cuaca dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi operasional penerbangan.

Gangguan disebabkan oleh cuaca kurang baik di Tanjung Pandan, yang mempengaruhi operasional penerbangan. Pesawat yang melayani rute Pangkalpinang ke Tanjung Pandan harus kembali ke Pangkalpinang karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk pendaratan dengan jarak pandang pendek. 

Hal ini menyebabkan terganggunya rotasi pesawat dan keterlambatan rute Pangkalpinang - Tanjung Pandan–Pangkalpinang –Palembang–Surabaya.

Selain itu, Lion Air juga menghadapi keterlambatan pemeriksaan atau perawatan tambahan yang dilakukan pada pesawat secara tidak terjadwal di Jakarta dan Pangkalpinang. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan memastikan pesawat selalu dalam kondisi baik dan siap terbang dengan aman. 

Namun, hal ini membutuhkan waktu signifikan. Dampaknya mempengaruhi rotasi penerbangan berikutnya, yaitu rute Jakarta–Palembang-Batam–Palembang– Jakarta.

Adapun, penerbangan dari Pangkalpinang dan Batam menuju Palembang terlambat tiba, sehingga pesawat yang sudah ada di Palembang harus menunggu beberapa penumpang yang melakukan transit. Hal ini berdampak pada keterlambatan penerbangan rute Palembang menuju Jakarta dan Palembang ke Surabaya.

Danang menambahkan, Lion Air sudah memberikan kompensasi berdasarkan ketentuan yang berlaku, sebagai bagian memastikan setiap penumpang mendapatkan perhatian secara tepat.

Penumpang-penumpang pada 3 penerbangan tersebut telah mendapatkan jadwal pengganti pada hari yang sama. Secara rinci penerbangan ke Surabaya dengan nomor penerbangan JT-857 telah berangkat pukul 19.57 WIB, kemudian penerbangan rute Palembang-Batam (JT-248) mengudara pukul 20.33 WIB, sementara penerbangan tujuan Jakarta (JT-339) telah mengudara pada pukul 20.51 WIB.

“Lion Air sudah menyampaikan penjelasan dan kejelasan kepada seluruh penumpang sesuai perkembangan operasional kepada mereka yang terkena dampak dari ketidaknyamanan yang terjadi. Lion Air menghargai setiap masukan dari penumpang, serta berusaha memberikan solusi terbaik,” ujar Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper