Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Bandara Soetta Lengang pada H-1 Lebaran

Kondisi bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terlihat lengang pada Jumat (21/4/2023) atau H-1 Lebaran 2023.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) terlihat mulai lengang pada Jumat, (21/4/2023) atau H-1 Hari Raya Idulfitri 2023. Hal itu disinyalir karena puncak arus mudik Lebaran 2023 via udara sudah terlewati.

Berdasarkan pantauan Bisnis di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (21/4/2023) sore, kondisi bandara terlihat relatif lebih sepi dibandingkan periode H-10 hingga H-2 Lebaran atau puncak arus mudik.

Pasalnya, para penumpang yang mudik Lebaran via jalur udara sudah berangkat dari jauh-jauh hari, sehingga pada momentum sehari jelang Lebaran hanya menyisakan beberapa penumpang yang akan berlibur baik tujuan domestik maupun mancanegara.

"Kami mau berlibur ke Bali pada momentum Lebaran 2023 ini, sejauh ini syaratnya sudah tidak lagi harus tes PCR sih," ujar Risa, salah satu penumpang penerbangan domestik saat ditemui Bisnis di lokasi.

Diketahui, syarat naik pesawat terbaru masih mewajibkan penumpang mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster, tapi sudah tidak diwajibkan tes Covid-19.

"Kalau saya ini mau melakukan penerbangan ke Turki, untuk keperluan kerja. Saya sudah vaksin booster, jadi nanti jika ditanyakan di boarding room saya akan tunjukkan melalui aplikasi SatuSehat," kata Wahyu, penumpang penerbangan internasional.

Kondisi bandara terlihat masih lengang tanpa adanya hiruk-pikuk pemudik hingga pukul 18.00 WIB. Antrean penumpang untuk check in pun tidak terlalu mengular, sehingga terlihat cukup kondusif. 

Selain itu, di ruang tunggu penumpang terlihat masih banyak kursi yang kosong karena kondisi bandara yang mulai sepi sehari menjelang Lebaran.

Sebagai informasi, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II menjadi bandara tersibuk selama periode mudik Lebaran 2023.

Tercatat, jumlah penumpang di Bandara-Soekarno Hatta pada periode 12-20 April 2023 tembus 1,24 juta penumpang. Hal itu dikarenakan melonjaknya jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini seiring dengan meredanya pandemi Covid-19.

"Pada periode H-10 sampai H-2 Lebaran, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta tercatat 1,24 juta penumpang atau naik 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama di Angkutan Lebaran 2022," ujar Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat, (21/4/2023).

Sementara itu, jumlah penerbangan meningkat 5 persen dari 8.547 penerbangan menjadi 8.975 penerbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper