Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News BisnisIndonesia.id: Jalan Tol Primadona Mudik hingga Strategi ASDP

Pemberitaan mengenai jalan tol mudik hingga isu ekonomi pilihan lainnya terangkum dalam Top 5 News BisnisIndonesia.id.
Ilustrasi-Canva
Ilustrasi-Canva

Bisnis, JAKARTA— Jalan tol menjadi jalur favorit kendaraan mudik pada libur Lebaran. Dalam survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, sebanyak 9,2 juta orang memilih mudik melintasi jalan tol Trans Jawa, sedangkan sebanyak 1,5 juta memilih mudik melintasi Pantura dan sebanyak 1,4 juta orang melewati Pansela.

Update pemberitaan mengenai jalan tol mudik hingga isu ekonomi pilihan lainnya terangkum dalam Top 5 News BisnisIndonesia.id. Berikut berita selengkapnya:

1. Pesona Jalan Tol Jadi Primadona Jalur Ritual Mudik Lebaran

Masifnya pembangunan jalan tol di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo rupanya tak sia-sia. Selama periode pemerintahan Presiden Jokowi panjang jalan tol yang beroperasi bertambah sekitar 1.800 kilometer. Capaian tersebut, masih jauh dari target Jokowi yang ingin membangun 4.500 km hingga 5.000 km jalan tol hingga akhir 2024.

Berdasarkan data laporan tahunan jalan tol yang dirilis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), total panjang jalan tol yang beroperasi hingga akhir tahun 2022 baru mencapai 2.599 kilometer. Artinya, Jokowi masih harus membangun sekitar 2.000 kilometer hingga 2.500 kilometer jalan tol baru untuk mencapai targetnya.

Adapun, sejak tahun 1978-2014 total panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia mencapai 789,82 km. Kemudian, di bawah kepemimpinan Jokowi, panjang jalan tol yang beroperasi bertambah sekitar 1.800 kilometer.

Rinciannya, pada 2015 – 2019 panjang jalan tol yang beroperasi bertambah menjadi 1.298,2 km. Selanjutnya, pada 2020 panjang jalan tol yang beroperasi bertambah 246,12 km. Pada 2021 jalan tol yang beroperasi bertambah 122,84 km, dan pada 2022 panjang jalan tol yang beroperasi mencapai 142,11 km.

2. Mengintip Kondisi Pasar Properti Hunian di Tiga Bulan Awal 2023

 Pada kuartal pertama tahun 2023, sektor properti residensial masih berjuang untuk terus mengalami pemulihan usai diterpa badai pandemi. Kondisi ketidakpastian ekonomi dan inflasi tinggi masih menghantui properti hunian di tahun 2023. 

Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik mengatakan secara keseluruhan, pertumbuhan yang cukup signifikan pada properti hunian baik apartemen maupun rumah tapak. Adapun pada kuartal I tahun 2023, sektor properti hunian mengalami pertumbuhan sebesar 19,5 persen jika dibandingkan kuartal IV tahun 2022 dan sebesar 18,5 persen secara year-on-year (yoy) jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2022.

“Apabila dilihat berdasarkan tipe properti hunian, apartemen dan rumah tapak sama-sama mencatatkan pertumbuhan permintaan secara kuartal maupun tahunan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (20/4/2023). 

Rumah tapak mencatatkan pertumbuhan sebesar 17.1 persen quarter to quarter dan 12,7 persen secara tahunan. Kemudian, pertumbuhan permintaan apartemen tercatat cukup signifikan secara quarter-to-quarter sebesar 38,6 persen dan year-on-year sebesar 81,2 persen.

3. Mengejar Target Lifting 1 Juta Barel Meski Masih Unggang-Anggit

Sudah lebih baiknya capaian produksi terangkut (lifting) minyak dan gas bumi pada kuartal I/2023 dibandingkan dengan torehan pada periode yang sama tahun lalu, memberikan keyakinan kepada pemerintah untuk terus mengejar ketertinggalan terhadap target sebelumnya.

Terlebih, pemerintah mempunyai ambisi untuk mewujudkan visi lifting 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada 2030. Tanpa kegiatan pengeboran yang masif dan agresif, mustahil target besar lifting pada 2030 itu akan tercapai. 

Berdasarkan catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), realisasi lifting minyak pada kuartal I/2023 mencapai 613,7 ribu barel minyak per hari (Mbopd) dan salur gas mencapai 5.399 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

Sementara itu, pada periode yang sama tahun lalu realisasi lifting minyak mencapai 611,7 Mbopd dan salur gas 5.321 MMscfd. 

Tidak hanya lifting, realisasi investasi migas hingga kuartal I/2023 juga lebih baik jika dibandingkan dengan capaian tahun lalu. Dalam 3 bulan pertama tahun ini atau hingga Maret 2023, realisasi investasi hulu migas mencapai US$2,63 miliar, sedangkan pada periode yang sama 2022 sebesar US$2,1 miliar.

4. Daftar 10 Gubernur dengan Harta Kekayaan Terbanyak di Indonesia

Bisnis telah merangkum 10 Gubernur di Indonesia dengan jumlah kekayaan terbanyak untuk periodik tahun 2021. Nomor satu adalah Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Diketahui, Olly Dondokambey memiliki total harta kekayaan mencapai Rp.223.880.344.788. Olly dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Utara pada 15 Februari 2021. Posisi kedua dalam daftar ini masih gubernur dari luar Pulau Jawa.

Dia adalah Herman Deru yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Berdasarkan LHKPN tahun 2021, Herman Deru memiliki harta kekayaan mencapai 40.428.670.919.

5. Strategi ASDP Urai Lonjakan Kendaraan Mudik di Gilimanuk

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatisipasi kemacetan di area pelabuhan dengan mengoperasikan kapal bantuan berukuran besar. 

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang - Gilimanuk, Muhammad Yasin mengatakan kejadian kemacetan menjelang Lebaran 2023 telah diprediksi ASDP.

Oleh karena itu, perseroan mengambil keputusan untuk mengurai kepadatan volume kendaraan di area pelabuhan Gilimanuk dengan menerjunkan dua kapal bantuan berukuran besar. 

"Mudik ke Jawa itu kemarin memang cukup padat dan kami segera antisipasi langkah-langkah tanggap," kata Yasin kepada tim Jelajah Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Kamis (20/4/2023).

Pertama mengoperasikan kapal bantuan yaitu KMP Jatra II dengan ukuran kapasitas besar, dan pada malam harinya juga akan mengoperasikan tambahan KMP Kalaya Parama milik Gembla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bisnisindonesia.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper