Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Serbu Stasiun Pasar Senen, tapi Antrean Tertib dan Lancar

Walau terjadi peningkatan penumpang kereta secara signifikan di Stasiun Pasar Senen, tetapi antrean berjalan lancar tanpa harus berjubelan.
Suasana pemudik di Stasiun Pasar Senen pada Kamis (20/4/2023)/Bisnis-Annasa Rizki
Suasana pemudik di Stasiun Pasar Senen pada Kamis (20/4/2023)/Bisnis-Annasa Rizki

Bisnis.com, JAKARTA – Penumpang kereta api yang akan berangkat menuju kampung halamannya pada momen mudik Lebaran 2023 melalui Stasiun Pasar Senen terpantau ramai dan penuh, tetapi teratur dan tidak ada antrean mengular di pintu keberangkatan. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Kamis (20/4/2023) pukul 16.00 WIB, meski banyaknya penumpang yang antre sesaat setelah petugas mengumumkan keberangkatan kereta, antrean berlangsung tertib dan relatif sebentar, sekitar 10-15 menit. 

Hal tersebut karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan sistem pembelian tiket dengan online. Selain itu, saat ini penumpang dapat mengakses boarding pass melalui KAI Access di gawai masing-masing. 

KAI juga menyediakan self-check in counter di masing-masing pintu keberangkatan, sehingga penumpang dapat mencetak tiket secara mandiri. 

“Antrean lebih terurai karena mereka pakai e-boarding pass, orang yang antre untul self-check in nggak banyak lagi, banyak yang pakai KAI Access,” ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunnisa. 

Kepadatan juga tidak terlihat di ruang tunggu stasiun karena KAI Daop 1 menambah sejumlah fasilitas seperti kursi tunggu dan area bermain anak. 

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kapasitas kursi ditambah sehingga tidak terlihat penuh dan sesak, penumpang yang sudah boarding juga dapat menunggu di peron keberangkatan,” tambah Eva. 

Meski cuaca cukup panas, KAI memberikan fasilitas berupa kipas angin di banyak titik lokasi, sehingga tidak terasa pengap dan terik. Pihak KAI juga menyediakan water station di peron kereta bagi masyarakat yang ingin mengisi botol minum dengan air mineral secara gratis. 

Di sisi lain, penumpang yang akan berangkat juga memilih datang ke stasiun 1-2 jam sebelum keberangkatan mengingat sudah memiliki e-boarding pass di gawai masing-masing. 

Wintoro (34), penumpang yang akan mudik naik kereta menuju stasiun Semarang Tawang mengaku berangkat lebih cepat untuk berjaga-jaga karena keberangkatan kereta api tergolong on time.  

“Saya baru sampai di sini [pukul 13.30 WIB], berangkat 14.30 WIB,” ujarnya kepada Bisnis. 

Adapun, keberangkatan di Daop 1 Jakarta, termasuk Stasiun Gambir dan Pasar Senen, pada Kamis 20 April 2023 volume penumpang berangkat kembali mengalami peningkatan. 

Untuk hari ini sekitar 24.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.500 dengan layanan 38 KA beroperasi. 

Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper