Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-3 Lebaran, Arus Kendaraan Jakarta-Semarang Melonjak 20 Persen

Arus kendaraan dari Jakarta ke Semarang terpantau melonjak 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga Rabu (19/4/2023) malam atau H-3 Lebaran, terjadi lonjakan arus kendaraan di jalan Tol Jakarta ke arah timur yaitu ke Cikampek, Cipali hingga Kalikangkung, Semarang. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan mudik oleh Kementerian Perhubungan, lonjakan mencapai 20 persen dari arus mudik Lebaran 2022.  

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan meski terjadi lonjakan kendaraan, rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari 2022 lalu yaitu dari 69 Km/jam menjadi 71 Km/jam.

"Ini membuktikan kita improve dibandingkan tahun lalu. Besok dan besok lusa (20 dan 21 April 2023) masih menantang, kita harus lebih kompak untuk menghadapinya,” ujar Budi, dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023)

Melihat hal ini, Budi  menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR, Korlantas, Jasa Marga, dan pihak terkait lainnya yang telah melakukan persiapan dengan baik sejak awal untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. 

Beberapa upaya antisipasi yang dilakukan diantaranya yaitu menambah infrastruktur jalan tol yang semula hanya 6 lajur (tiga lajur arah Jakarta dan tiga lajur arah Cikampek) menjadi 8 lajur (empat lajur arah Jakarta dan empat lajur arah Cikampek) sampai dengan Km 70, menambah sistem counting (penghitungan) baik dari SDM maupun fasilitas pendukungnya, sehingga penghitungan menjadi lebih cepat.

Kemudian, menambah fasilitas dan kapasitas di rest area, seperti yang dilakukan oleh Astra sebagai pengelola Tol Cipali yang menambah fasilitas toilet dari 150 menjadi 300 unit dan kapasitas parkir dari 300 kendaraan menjadi 1.000 kendaraan.

“Ini menjadi pelajaran yang baik bahwa kita harus terus meningkatkan prasarana jalan dan meningkatkan kecanggihan sistem penghitungan. Insha Allah pelaksanaan arus mudik dan balik Tahun depan akan lebih baik lagi,” jelasnya

Sebelumnya berdasarkan catatn Bisnis, Rabu (19/4/2023)  PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat 266.184 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol atau GT Cikampek Utama pada 15 April-18 April 2023 atau H-7 sampai dengan H-4 Hari Raya Idulfitri 2023. 

Jasa Marga mengatakan volume kendaraan tersebut naik 138,65 persen jika dibandingkan lalu-lintas (lalin) normal sebanyak 111.537 kendaraan. 

PT Jasamarga Transjawa Tol juga mencatat volume lalu-lintas pada H-7 sampai dengan H-4 Hari Raya Idulfitri 2023 pada Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai berikut di wilayah Jawa Tengah, 

GT Kalikangkung mencatatkan volume kendaraan GT Kalikangkung menuju Semarang, mencapai 133.398 kendaraan atau naik 126,98 persen dari lalu-lintas normal sebanyak 58.772 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper