Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Merak Siap Tampung 5.526 Mobil Jelang Mudik Lebaran

ASDP Indonesia Ferry menambah kapasitas parkir sehingga bisa menampung 5.526 unit mobil jelang mudik Lebaran 2023
Lahan parkir di Pelabuhan Merak./ Dok. ASDP
Lahan parkir di Pelabuhan Merak./ Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menambah kapasitas tempat parkir Pelabuhan Merak hingga mampu menampung 5.526 unit mobil jelang mudik Lebaran 2023.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menuturkan perseroan telah melakukan perbaikan secara menyeluruh untuk mendukung kegiatan Angkutan Lebaran 2023.

“Salah satu perbaikan yang kami lakukan adalah penambahan kapasitas tempat parkir kendaraan untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak,” jelas Shelvy Arifin dalam siaran pers, Jumat (14/4/2023).

Dia mengatakan pada Angkutan Lebaran 2022, Pelabuhan Merak hanya mampu menampung 4.526 mobil, namun pada Lebaran 2023 ini telah ditambah kapasitasnya menjadi 5.526 mobil.

Penambahan lahan parkir ini dilakukan melalui pembelian lahan baru, demolisi Kantor Cabang Merak, alih fungsi lahan dropzone penumpang regular menjadi area parkir, relokasi lahan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP), dan relokasi workshop ASDP untuk akses masuk.

Selain itu, ASDP juga telah melakukan peningkatan infrastruktur dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Merak di antaranya pengaspalan lahan untuk perluasan akses masuk ke pelabuhan dan fabrikasi garbarata untuk layanan eksekutif ke-2.

Kemudian, pembangunan akses jembatan penghubung Terminal Eksekutif ke Dermaga 1, penataan selasar dari Terminat Terpadu Merak (TTM) menuju Terminal Reguler, serta renovasi ruang tunggu dan koridor pejalan kaki Dermaga 1 juga telah direalisasikan pada 11 April 2023.

Shelvy menambahkan seluruh peningkatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2022 untuk mengevaluasi Angkutan Lebaran 2022.

Salah satu antisipasi terjadinya antrian pada Angkutan Lebaran 2023, Pemerintah juga memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak 15-21 April 2023.

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper