Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Pengusaha Ancam Setop Jual Migor dan Jawaban Bea Cukai soal Pajak Cokelat Rp9 Juta

Ancaman pengusaha minyak goreng dan penjelasan Bea Cukai soal pajak cokelat Rp9 juta jadi berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek tersedia di etalase pasar swalayan Karanganyar pada Kamis (17/3/2022)/ Solopos.com-Indah Septiyaning Wardani.
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek tersedia di etalase pasar swalayan Karanganyar pada Kamis (17/3/2022)/ Solopos.com-Indah Septiyaning Wardani.

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com tertarik dengan berita mengenai ancaman pengusaha untuk menyetop penjualan minyak goreng.

Ancaman tersebut muncul karena pemerintah belum membayar tunggakan penggantian selisih harga jual migor (rafaksi) senilai Rp344 miliar.

Berita terpopuler lainnya datang dari Bea Cukai yang memberikan penjelasan mengenai permasalahan pajak Rp9 juta untuk pembelian cokelat. Masalah ini viral di media sosial.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Pemerintah Nunggak Utang Rp344 M, Pengusaha Ancam Setop Jual Minyak Goreng

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) akan menghentikan penjualan minyak goreng jenis premium di puluhan ribu gerai ritel modern mereka.

Rencana aksi tersebut dilakukan karena sudah setahun lebih penggantian selisih harga jual minyak goreng (rafaksi) belum juga diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang totalnya mencapai sekitar Rp344 miliar.

Seperti diketahui, pada Januari 2022 pemerintah memerintahkan agar minyak goreng kemasan premium bisa dijual seharga Rp14.000 per liter. Penjualan ini dilakukan hanya di ritel-ritel modern.

2. Jawaban Bea Cukai soal Viral Warganet Beli Cokelat Kena Pajak Rp9 Juta

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan kembali mengklarifikasi sebuah unggahan video Tiktok oleh akun @Ferrerfranciz, yang mengaku mengirim coklat dari luar negeri dan dikenakan bea masuk Rp9 juta.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa pihaknya telah menjawab keluhan tersebut melalui video yang diunggah akun Tiktok resmi Bea Cukai.

“Perlu diluruskan, pemilik akun menyatakan bahwa dirinya mengirim makanan berupa cokelat senilai Rp1 juta rupiah dari luar negeri. Namun, nyatanya, selain cokelat terdapat barang lain berupa tas senilai Rp17 juta rupiah dalam kiriman tersebut,” tuturnya, Kamis (13/4/2023).

3. Listrik Aliran Atas Stasiun Manggarai Rusak, Penumpang KRL Menumpuk

Penumpang KRL lintasan Tanah Abang-Manggarai menumpuk di stasiun seiring kerusakan listrik aliran atas.

Petugas jaga di Stasiun Karet dalam pengumumannya sejak 20.40 WIB menyebutkan kereta tujuan Cikarang yang seharusnya melintas tertahan di Stasiun Tanah Abang.

"Kereta anda belum bisa diberangkatkan seiring terjadi kerusakan aliran listrik atas di stasiun Manggarai-Sudirman" katanya dalam pengumuman, Kamis (13/4/2023) pukul 20.57 WIB.

4. Sekali Lagi, Bos IMF Wanti-wanti Lemahnya Ekonomi Global

Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menegaskan ekonomi global telah terbukti sangat tahan terhadap berbagai guncangan, tetapi belum dapat mengatasi kombinasi pertumbuhan yang lemah dan inflasi yang terlalu lama di posisi tinggi.

“Proyeksi IMF tentang pertumbuhan global 2,8 persen untuk 2023 tidak cukup untuk membawa peluang bagi pelaku bisnis dan masyarakat di seluruh dunia, dan yang paling mengkhawatirkan adalah proyeksi pertumbuhan yang lemah dalam jangka waktu yang lebih lama," kata Georgieva dalam konferensi pers pertemuan IMF dengan Bank Dunia di Washington, mengutip Reuters, Kamis (13/4/2023).

5. Mega Proyek Tomy Winata di Rempang Batam Rp381 T, Simak Rencana Aksinya!

Program Pengembangan Kawasan Rempang KPBPB Batam Provinsi Kepulauan Riau resmi diluncurkan pada Rabu (12/4/2023) setelah sempat tertunda selama 18 tahun.

Pengembangan Kawasan tersebut dilakukan PT Makmur Elok Graha (MEG), anak perusahaan Artha Graha milik Tomy Winata.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan, pelaksanaan rencana investasi yang dilakukan oleh PT MEG secara total sampai dengan 2080 kurang lebih sebesar Rp381 triliun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 306.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper